Rekomendasi Objek Wisata Populer di Kota Singkawang dari Ghea Idol

Muhammad Adjie ยท Sabtu, 15 September 2018 - 20:28 WIB
Rekomendasi Objek Wisata Populer di Kota Singkawang dari Ghea Idol

Ghea Indrawari. (Foto: iNews.id/Muarif Ramadhan)

JAKARTA, iNews.id – Selain hobi menyanyi, Ghea Indrawati juga suka travelling. Tidak perlu jauh-jauh ke luar kota, jebolan Indonesian Idol 2018 ini memilih liburan di kota kelahirannya Singkawang jika ada kesempatan pulang kampung.

Ghea merasakan betul manfaatnya ketika bisa travelling. Selain membuat pikiran rileks, sekaligus bisa istirahat sejenak dari padatnya rutinitas sebagai penyanyi.

“Sebenarnya senang banget liburan jalan gitu. Liburan baru kemarin habis Idol buat refreshing. Terus sekarang emang lagi sibuk-sibuknya, lagi senang sama karier gitu. Sekarang single sudah rilis, lagi promo ya kan. Jadi, belum ada waktu yang kosong lagi buat liburan,” kata Ghea Indrawari saat mengunjungi Redaksi iNews.id, Gedung iNews Center, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Ghea pun mengaku senang travelling jika ada kesempatan. Apalagi kalau pulang kampung, dia selalu mengunjungi sederet objek wisata menarik di Kota Singkawang.

Nah, jika penasaran ingin tahu objek wisata Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Ghea memberikan rekomendasi untuk Anda. Ini panduannya:

Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang adalah salah satu objek wisata alam di Kalimantan Barat, berupa pantai panjang berpasir putih yang terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Pantai ini membentang sepanjang tiga kilometer melengkungi laut lepas, sehingga dinamakan Pantai Pasir Panjang. Pantai Singkawang memiliki pasir putih yang cantik dan ombak yang tenang. Pantai tersebut hanya berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat Kota Singkawang ke arah Pontianak atau dapat dicapai dengan kendaraan selama 20 menit.

Taman Bukit Bougenville

Taman Bukit Bougenville adalah tempat wisata di Singkawang yang berada di Desa Sijangkung. Untuk menuju ke wisata ini, kita bisa menempuh jarak enam kolometer dari pusat pemerintahan Kota Singkawang.

Wisata Taman Bukit Bougenville ini memiliki kunikan tersendiri yang sangat indah karena kita disuguhi pemandangan berlatar belakang Gunung Pasi. Tempat ini dikelilingi perkebunan dan hutan yang hijau nan eksotis.

Masjid Raya Singkawang

Masjid Raya Singkawang adalah salah satu yang tertua di Provinsi Kalimantan Barat. Masjid ini menjadi kebanggaan masyarakat Muslim Singkawang.

Tidak heran jika setiap pendatang atau pelancong yang mengunjungi Kota Singkawang selalu singgah atau menikmati panorama Masjid Raya Singkawang yang berdekatan dengan kelenteng atau Vihara Tri Dharma Bumi Raya. Kedua bangunan ini merupakan ciri khas tersendiri masyarakat Singkawang yang terkenal dengan sebutan kota seribu klenteng.

Patung Naga Singkawang

Patung Naga ini merupakan ikon dari Kota Singkawang. Jika ingin melihat tugu naga emas ini, Anda bisa datang menyaksikan secara langsung di Kota Singkawang.

Bukit Rindu Alam

Bukit Rindu Alam berada di ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut. Dari sini, Anda dapat menikmati sejuknya puncak Gunung Kota, Gunung Besar, dan Gunung Lapis yang terlihat menyatu.

Anda juga dapat menikmati indahnya Pantai Bajau dari atas ketinggian. Pantai Bajau merupakan pantai cantik yang terletak di kaki Bukit Rindu Alam. Karena Pantai Bajau berbatasan langsung dengan Pantai Simping, Anda dapat menikmati keindahan Pantai Simping dari atas bukit cantik ini.

Saat musim liburan, Bukit Alam Rindu menjadi incaran banyak wisatawan. Karena itulah jika Anda berdomisili di luar pulau, ada baiknya jika berkunjung di hari kerja. Seperti halnya lokasi wisata di kawasan pegunungan lainnya, di bukit ini terdapat banyak warung makan yang dapat menjamu Anda usai melakukan perjalanan liburan. Tidak hanya itu, di pinggiran bukit juga terdapat beberapa gazebo yang disediakan untuk wisatawan.

Pantai Tanjung Bajau

Pantai di kawasan Tanjung Bajau terdiri dari hamparan pasir dan batu-batuan besar. Letak pantai yang jauh dari muara sungai ini menyebabkan airnya terlihat biru kehijauan. Di lokasi ini juga terdapat beberapa patung hewan laut seperti kura-kura, pinguin, dan hewan lainnya yang membuat suasana pantai lebih terkesan alami.


Editor : Tuty Ocktaviany