5 Destinasi Warisan Dunia, Subak Bali dan Lorentz Diincar Turis Dunia

Rahma Sari ยท Kamis, 25 Januari 2018 - 09:10:00 WIB
5 Destinasi Warisan Dunia, Subak Bali dan Lorentz Diincar Turis Dunia
Berwisata ke destinasi warisan dunia (Foto: Thevillagebali)

JAKARTA, iNews.id - Sebagai negara yang memiliki banyak pulau, Indonesia memiliki keindahan alam yang memesona. Tak sedikit wisatawan dunia yang mengagumi Indonesia. Bahkan, beberapa keindahan alam di Indonesia ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

UNESCO menyeleksi berbagai destinasi, karya dan budaya untuk ditetapkan sebagi Situs Warisan Dunia. Penetapan suatu tempat menjadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO merupakan cara melestarikan tempat-tempat penting tersebut dan mempromosikan agar lebih dikenal oleh Dunia.

Di Indonesia, ada banyak destinasi yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO, seperti Taman Nasioal Ujung Kulon, Taman Nasional Lorentz, Hutan Hujan Tropis Sumatera dan lainnya.

Bagi Anda yang penasaran seperti apa keindahan alam Indonesia yang masuk ke dalam warisan dunia? Berikut ulasannya, seperti dirangkum iNews.id, Rabu (24/1/2018).

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kolon ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia pada 1991. Di sana, terdapat satwa langka yaitu Badak Jawa bercula satu. Jumlah Badak di Hutan lindung ini, berjumlah sekitar 60 badak. Selain badak Jawa, di sana juga terdapat Owa Jawa, Macan Tutul Jawa, Banteng, Lutung Budeng dan lain-lain. Taman Nasional Ujung Kulon terbentuk akibat letusan Gunung Krakatau pada 27 Agustus 1883, yang menghancurkan wilayah pertanian dan mengubahnya menjadi hutan belantara.

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorenz merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Di sana, terdapat keanekaragaman hayati terlengkap di Asia Pasifik. Salah satu objek wisata yang terkenal adalah Gunung Cartenz yang masuk dalam salah satu puncak tertinggi dunia, yang diselimuti salju abadi. Taman Nasional Lorens ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia pada 1999.

Hutan Hujan Tropis Sumatera

Hutan Hujan Tropis Sumatera terdiri dari tiga taman nasional, yaitu Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat, dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Di sana, terdapat banyak spesias yang hampir punah seperti orangutan sumatera, harimau sumatera, badak sumatera, dan gajah sumatera. Hutan Hujan Tropis ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia pada 2004.

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo menjadi situs warisan dunia pada 1991. Pulau Komodo masuk sebagai salah satu tujuh keajaiban dunia. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan Komodo. Di sana, terdapat lebih dari 2.000 ekor komodo. Anda dapat melihat langsung kehidupan Komodo. Lokasi Pulau Komodo ada di sebelah barat pulau sumbawa.

Sistem Subak, Bali

Sistem Subak merupakan sistem irigasi dan bendungan yang digunakan untuk bercocok tanam padi. Pemandangan sawah yang indah dan budaya yang kental sangat terasa di Bali. Subak memiliki Pura Uluncarik atau Pura Bedugul, yang dibangun untuk menghormati Dewi Sri. Sistem Subak di Bali menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada 2012.

Editor : Vien Dimyati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda