Intip Misteri Bangkai Kapal The Eduard Bohlen, Ada di Padang Pasir

Vien Dimyati ยท Minggu, 15 April 2018 - 10:05 WIB
Intip Misteri Bangkai Kapal The Eduard Bohlen, Ada di Padang Pasir

Misteri bangkai kapal di dunia (Foto: Gettyimages)

JAKARTA, iNews.id - Peninggalan Perang Dunia I dan II hingga saat ini masih menyisakan misteri. Salah satunya misteri mengenai bangkai kapal The Eduard Bohlen yang kandas di Namibia pada 1909. Kapal ini terkenal karena bangkainya baru ditemukan di tengah padang pasir.

Tak hanya The Eduard Bohlen yang menyisakan misteri, beberapa bangkai kapal lainnya juga menarik untuk ditelusuri sejarahnya. Tragedi kapal Titanic bahkan dibuat menjadi sebuah film laris sepanjang masa. Titanic menjadi daya pikat para arkeolog laut dan penjelajah amatir.

Ada banyak bangkai kapal lain di bawah laut yang bisa Anda eksplor. Bahkan, sisa bangkai kapal tersebut hingga kini dijadikan tempat wisata dan spot diving. Lantas, seperti apa penampakan bangkai kapal laut yang terdampar di berbagai dunia? Berikut ulasan iNews.id, seperti dikutip melalui Insider, Minggu (15/4/2018).

Gribshunden

Gribshunden, merupakan kapal abad ke-15 dari Denmark. Mungkin ini adalah kapal abad pertengahan akhir yang paling awet di dunia. Gribshunden, a contemporary of Columbus' Santa Maria, terbakar dan tenggelam di lepas pantai Ronneby di Swedia Selatan setelah 1495. Kapal ini milik Raja John dari Denmark. Kapal ini dikirim sebagai bagian dari misi untuk menyatukan Denmark, Norwegia dan Swedia di bawah pemerintahannya, menurut ABC News. Kapal Gribshunden karam di bawah kedalaman 100 kaki. Kapal ini memiliki boneka kayu dengan berat 660 pound yang mirip dengan monster laut dan diduga untuk mengusir roh jahat, menurut The Daily Mail.

Dimitros

Bagaimana tepatnya kapal Dimitrios akhirnya hancur di Pantai Valtaki di Yunani masih menjadi misteri. Dengan beberapa akun, kapal itu digunakan untuk menyelundupkan rokok antara Turki dan Italia dan dibakar untuk menyembunyikan bukti. Tapi itu bisa saja ditinggalkan di pelabuhan di Gion, tiga mil sebelah utara Valtaki Beach, di mana itu tersapu pada 1981 hingga hari ini.

The Eduard Bohlen

The Eduard Bohlen kandas di Namibia pada 1909. The Eduard Bohlen, kapal kargo Jerman setinggi 310 kaki ini kandas saat memulai perjalanannya ke Table Bay di Afrika Selatan. Kapal ini terkenal karena bangkainya baru ditemukan di tengah padang pasir.

Spiegel Grove

Kapal pendaratan Angkatan Laut yang dihentikan dinasnya, Spiegel Grove, ditenggelamkan, atau sengaja ditenggelamkan, di Florida pada 2002. Kapal ini sengaja ditenggelamkan pada 10 Juni 2002. Namun pada 2005, penyelam menemukan, kapal itu telah terguling, kemungkinan karena gelombang yang dihasilkan oleh Badai Dennis di lepas pantai tenggara Kuba, menurut seorang pejabat Dinas Cuaca Nasional. Kapal ini memegang rekor sebagai kapal terbesar di dunia yang rusak dan menjadi karang buatan.

Kapal Jepang

Amerika Serikat telah menenggelamkan lebih dari 50 kapal Jepang di Chuuk Lagoon, Mikronesia, selama Perang Dunia II. Chuuk Lagoon, Micronesia, mengadakan Armada Kekaisaran Jepang hingga Operasi Hailstone, sebuah serangan mendadak pada 1944 yang menghancurkan 250 pesawat dan menenggelamkan lebih dari 50 kapal. Sekarang ini menjadi tempat populer untuk scuba diving.


Editor : Tuty Ocktaviany