Cara Antimainstream Menikmati Kemegahan Candi Borobudur

Dani M Dahwilani ยท Jumat, 12 Oktober 2018 - 22:09 WIB
Cara Antimainstream Menikmati Kemegahan Candi Borobudur

Keindahan Candi Borobudur. (Foto: Borobudurpark)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id - Berencana menghabiskan libur panjang di Yogyakarta? Banyak aktivitas yang bisa dilakukan, seperti membeli batik, mencicipi kuliner khas, dan mengunjungi ikon sejarah.

Bicara sejarah, tak jauh dari Yogyakarta berdiri megah Candi Borobudur. Ya, candi sekaligus kuil umat Buddha terbesar di dunia ini menjadi destinasi wisata yang menyenangkan untuk kamu kunjungi.

Sebelum memulai perjalanan seru, penting halnya untuk mengetahui akses transportasi menuju Candi Borobudur. Hanya berjarak satu jam perjalanan dari Yogyakarta, kamu bisa menggunakan mobil pribadi, taksi, atau rental mobil Jogja. Jika tidak ingin kelelahan, sebaiknya sewa mobil dengan sopir bertarif terjangkau sekitar Rp200.000.

Bagi para backpacker yang berlibur dengan dana minim, gunakan saja angkutan umum seperti bus atau minibus dari terminal bus Yogyakarta. Setelah itu, lanjutkan dengan bus kecil yang akan mengantarmu hingga ke Candi Mendut. Sesampainya di lokasi, kamu bisa berjalan kaki atau menyewa kuda menuju Candi Borobudur.

Menyaksikan kecantikan matahari terbit

Saat ke Candi Borobudur, jangan lupa membawa kamera atau smartphone. Di tempat wisata ini, banyak spot berfoto bagus yang menjadi favorit wisatawan. Kamu yang ingin mengambil foto saat momen paling indah, datanglah dini hari.

Ada hotel di sekitar candi yang menawarkan paket untuk menikmati sunrise di puncak stupa. Kamu bisa menyaksikan matahari terbit dan gunung berapi yang mulai samar di balik kabut. Fenomena alam di pagi hari ini akan membuat siapa saja betah berlama-lama menikmati kecantikannya.

Menikmati Borobudur dari ketinggian

Untuk penyuka aktivitas yang memacu adrenalin, nikmati perjalanan ke Candi Borobudur dengan rental mobil. Alih-alih menghabiskan waktu dan tenaga untuk menaiki tangga demi tangga, jajal keseruan melihat candi dari ketinggian yang ditawarkan Jogja Flying Club. Meski harus menyiapkan bujet yang lebih besar, pengalaman menyaksikan kemegahan candi dan indahnya alam sekitar dari atas pesawat microflight atau trike sungguh tak terlupakan.

Festival tahunan di Borobudur

Ingin menikmati Candi Borobudur dalam nuansa berbeda? Jangan lupa untuk rajin mengecek situs resminya. Ada beberapa agenda resmi yang sayang bila dilewatkan, seperti Festival Internasional Borobudur, Mahakarya Borobudur, dan Hari Raya Waisak yang dipenuhi umat Buddha dari berbagai penjuru dunia. Siapkan tiket transportasi, rental mobil Jogja, hingga penginapan dari jauh-jauh hari jika ingin berkunjung ke acara tahunan ini.

Berkeliling di atas punggung gajah

Rental mobil Jogja sudah dipesan, kini saatnya melaju ke Candi Borobudur. Jika ingin menghabiskan waktu santai di Candi Borobudur, tidak ada salahnya mempertimbangkan menyewa gajah tunggangan. Kamu hanya perlu menuju ke kandang gajah yang lokasinya tidak jauh dari area candi. Cukup bayar Rp50.000 per orang, kamu sudah bisa menaiki gajah yang berjalan santai ditemani sang pawang.

Ternyata, ada banyak cara seru yang antimainstream untuk menghabiskan waktu di Candi Borobudur. Dari yang sudah disebutkan, mana yang menjadi pilihanmu?


Editor : Dani Dahwilani