Indahnya Savana Kawah Wurung, Destinasi Instagramable di Bondowoso

Vien Dimyati ยท Selasa, 09 Oktober 2018 - 19:49 WIB
Indahnya Savana Kawah Wurung, Destinasi Instagramable di Bondowoso

Kawah Wurung merupakan wisata alam liar dengan hamparan tanah luas ditumbuhi rerumputan hijau mirip Savana. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Urusan pariwisata, Bondowoso memiliki banyak destinasi menarik untuk dikunjungi. Tak hanya Gunung Raung dan Kawah Ijen, kabupaten yang bersebelahan dengan Banyuwangi ini juga memiliki destinasi instagramable berupa Savana hijau nan cantik.

Ya, destinasi tersebut bernama Kawah Wurung Bondowoso. Ini merupakan wisata alam liar dengan hamparan tanah luas ditumbuhi rerumputan hijau. Mirip Savana, namun kawasan Kawah Wurung berbentuk perbukitan.

Pemandangannya dapat memikat siapa saja yang datang. Tidak sedikit wisatawan yang datang untuk berswafoto di spot terkeren di wilayah tapal kuda ini. Traveler dapat menikmati pemandangan pegunungan, kawah, hingga hamparan bunga berwarna-warni.

"Satu lagi spot terkeren di Bondowoso yang tak kalah indah dengan spot lainnya. Di kawasan 'Wurung' sahabat dapat berfoto dengan latar belakang perbukitan ditambah panorama alam sekeliling. Yang menjadi daya tarik lainnya adanya bunga-bunga cantik di area ini, sehingga kalau berfoto akan terlihat bak sedang berada di luar negeri," tulis Instagram @Indoflashlight, dikutip Selasa (9/10/2018).

Seperti diketahui, kata wurung berarti sesuatu yang gagal atau tidak jadi, sehingga Kawah Wurung mempunyai arti kawah yang tidak jadi terbentuk dan tidak memiliki air.

Tempat ini hanya berupa cekungan tanah yang luas dan ditumbuhi hijaunya rumput. Cekungan tanah yang menyerupai kawah ini disebut dengan bukit cincin. Di tepi kawah atau kaldera kosong di Kawah Wurung dikelilingi pohon melingkar. Karena itu disebut bukit cincin.

Kawah Wurung berada di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Kawah ini terletak berdekatan dengan Kawah Ijen. Bagaimana, apakah Anda tertarik ingin melihat pesona kawah Wurung yang mirip Savana ini?


Editor : Dani Dahwilani