Intip Keunikan Hutan Purba yang Sembunyi di Gua Jomblang Gunungkidul

Vien Dimyati ยท Sabtu, 13 Oktober 2018 - 17:10 WIB
Intip Keunikan Hutan Purba yang Sembunyi di Gua Jomblang Gunungkidul

Gua Jomblang Gunungkidul (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Untuk urusan wisata uji adrenalin, Gunungkidul, Jawa Tengah memiliki banyak tempat menarik untuk dijelajahi. Salah satunya Gua Jomblang di Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu. 

Keunikan serta keindahan Gua Jomblang sudah tidak terbantahkan. Gua ini berlokasi di rentangan perbukitan karst pesisir selatan, memanjang dari Gombong, Jawa Tengah hingga kawasan karst Pegunungan Sewu, Pacitan, Jawa Timur.

Pemandangan menarik ketika berada di dasar gua adalah terdapat hutan purba yang memiliki berbagai jenis tanaman langka hingga bentuk dinding bebatuan unik. Hutan purba dan dinding bebatuan semakin terlihat eksotis ketika cahaya sinar matahari masuk ke dalam lubang gua, sehingga memancarkan keindahannya. Banyak wisatawan menyebutnya sebagai cahaya surga. 

Cahaya ini merupakan fenomena ray of light, karena lokasinya berada di kedalaman 90 meter dari permukaan tanah. Ketika cahaya masuk akan terlihat memukau menyinari tanaman di dasar gua.

"Gua Jomblang, gua vertikal yang bertipe collapse doline, terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng. Itulah yang membuat unik karena di dalam gua terdapat luas mulut gua sekitar 50 meter ini sering disebut dengan nama Luweng Jomblang," tulis Instagram @Indoflashlight dikutip Sabtu (13/10/2018).

Gua ini merupakan satu di antara dari ratusan hingga ribuan gua yang ada di kawasan karst Gunung Sewu. Asal mula Gua Jomblang, terbentuk dari proses geologi amblesnya tanah di atas, beserta vegetasi yang terjadi pada ribuan tahun lalu di permukaan tanah.

Vegetasi gua Jomblang yang ambles ke dasar gua tumbuh subur, hingga saat ini dikenal oleh warga sekitar dengan sebutan hutan Purba Gunung Kidul. Ini dikarenakan jenis tumbuhan yang ada di sini unik dan berbeda dengan tanaman lain yang ada di permukaan tanah di atas gua.

Ketika memasuki gua, Anda akan merasakan suasana mistis. Apalagi banyak cerita sejarah kelam terkait pembunuhan masal anggota PKI pada 1970-1980. Berada di dalam Gua Jomblang, traveler akan menemukan beberapa tumbuhan subur pada dinding kapur. Setelah mencapai ujung lorong, Anda dapat melihat panorama alam menakjubkan.

Di sana terdapat stalagmit raksasa berwarna hijau kecoklatan. Momen tepat untuk memasuki gua ini adalah siang sekitar pukul 13.00 WIB. Sebab, saat itu sinar matahari akan menerobos masuk menembus kegelapan dasar gua. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera untuk berswafoto di sini. Bagaimana, apakah Anda tertantang menjelajahi dasar Gua Jomblang yang terkenal mistis di Gunungkidul?


Editor : Vien Dimyati