Jajanan Legendaris, Gurihnya Kue Carabikang untuk Camilan Keluarga

Vien Dimyati ยท Rabu, 10 Oktober 2018 - 20:37 WIB
Jajanan Legendaris, Gurihnya Kue Carabikang untuk Camilan Keluarga

Lezatnya kue carabikang. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Untuk urusan kuliner Nusantara, Indonesia memiliki banyak ragam. Salah satunya, kue carabikang. Pasti hampir semua orang sudah pernah merasakan kue satu ini.

Bentuknya seperti bunga yang merekah dan memiliki rasa gurih. Ya, kue carabikang merupakan salah satu jajanan asli Indonesia yang sudah terkenal akan kelezatan rasanya.

Kue carabikang dapat menjadi camilan simpel untuk dihidangkan bersama keluarga. Selain mudah dibuat, bahan-bahan yang diperlukan untuk mengolahnya juga mudah ditemukan.

Ingin tahu apa saja resep lengkap dan cara pembuatannya? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @fridajoincoffe, Rabu (10/10/2018).

Bahan:
250 gram tepung beras
60 gram tepung terigu protein sedang
25 gram tepung tapioka
250 gr gula pasir
750 ml santan kental
1 sdt garam
2 lembar daun pandan
Pewarna hijau muda dan merah rose

Cara Membuat:
1. Campurkan tepung beras, tepung terigu, tepung tapioka, dan gula pasir.

2. Rebus santan, garam, dan daun pandan. Gunakan api kecil, aduk-aduk terus santan supaya tidak pecah. Rebus hingga mendidih.

3. Tuangkan panas-panas, setengah bagian santan ke dalam campuran tepung, lalu mixer dengan kecepatan sedang hingga rata dan tidak bergerindil. Tuang lagi sisanya, mixer lagi selama 15 menit.

4. Adonan tidak terlalu kental, juga tidak encer, konsistensinya lebih mirip adonan rempeyek. Bagi adonan menjadi tiga bagian, beri warna merah, hijau dan tanpa warna.

5. Panaskan cetakan dengan api sedang saja, bisa gunakan cetakan carabikang/kue lumpur/martabak mini. Pastikan cetakan benar-benar panas, tandanya jika dicipratin air, air akan berbulir-bulir, dan lompat-lompat di atas cetakan.

6. Tuang adonan secara berurutan sesuai selera: satu sdm adonan hijau, satu sdm adonan putih, lalu satu sdm adonan merah.

7. Tidak usah diutak atik besarnya api, biarkan carabikang hingga berlubang-lubang dan permukaannya kering. Angkat dengan cara dicungkil perlahan-lahan.

8. Letakan di atas botol, lalu cetak tengahnya dengan tutup botol dan mekarkan bagian sisinya, hingga tampak seratnya.

9. Sajikan.

Catatan:

1. Tuang adonan saat cetakan benar-benar panas untuk berhasil membuat merekah.

2. Adonan jangan terlalu kental/berat, karena akan susah bersarang.

3. Cetakan boleh dioles margarin/tidak. Alasi cetakan dengan seng/loyang di atas kompor, supaya bagian bawah carabikang tidak cepat gosong.


Editor : Tuty Ocktaviany