Jelajahi Danau Kastoba Gresik yang Mirip Toba, Indah Ada di Atas Bukit

Vien Dimyati ยท Senin, 08 Oktober 2018 - 11:54 WIB
Jelajahi Danau Kastoba Gresik yang Mirip Toba, Indah Ada di Atas Bukit

Keindahan Danau Kastoba Gresik (Foto: Indonesiatourism)

JAKARTA, iNews.id - Untuk urusan pariwisata, Gresik memang belum terkenal seperti daerah lain. Namun, jika Anda ingin menjelajahi kabupaten yang berada di Jawa Timur ini, ada banyak destinasi menarik yang dapat dieksplor.

Salah satu destinasi menarik yang dapat dieksplor ketika berada di Gresik adalah Danau Kastoba yang berada di Pulau Bawean, Desa Paromaan, Kecamatan Tambak, Gresik. Sekilas, danau ini mirip Toba di Sumatera Utara. Tetapi yang di Gresik, dalam versi kecil dan belum sama sekali terjamah.

Danau Kastoba terletak di tengah-tengah perbukitan dan berbentuk mangkuk. Posisinya yang berada di atas membuat airnya terasa dingin. Posisinya yang berada di tengah bukit membuat danau ini terlihat menarik.

"Ini dia Danau Kastoba, terletak di Desa Panoramaan Kecamatan Tambak yang berada di puncak ketinggian dan di tengah-tengah Pulau Bawean. Untuk menikmati keindahan dan pesona Danau ini bisa dicapai dengan berjalan kaki," tulis Instagram @gresiktourism dikutip Senin (8/10/2018).

Air Danau Kastoba terlihat tenang, gelap, dan dikelilingi pepohonan. Tempat ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mendapatkan ketenangan. Danau yang memiliki luas 725 hektare ini kerap dijadikan tempat untuk berswafoto dengan pemandangan luas air danau.

Tak hanya memiliki keindahan alam, Danau Kastoba juga memiliki cerita legenda terkait keberadaan danau. Konon pada zaman dahulu, Pulau Bawean masih bernama Pulau Majeti. Di tengahnya terdapat pohon besar, rindang, dan indah. Bahkan, berada di bawah pohon tersebut, orang dapat meraih daunnya.

Namun, pohon tersebut dicabut oleh Ratu Jin yang menguasai Pulau Majeti. Hal tersebut dikarenakan, dia murka ada seorang pemuda buta memetik daun dari pohon tersebut. Kemudian, bekas cabutan daun tersebut berubah menjadi sumber mata air dan membentuk danau. Hingga kini, Danau Kastoba masih terlihat asri dan indah, dan memiliki aura mistis.

Untuk mencapai danau ini, traveler dapat naik speed boat menuju Pelabuhan Bawean. Setelah itu, dapat menggunakan motor atau mobil untuk menuju Danau Kastoba. Bagaimana, apa Anda penasaran ingin menjelajahi Danau Kastoba?


Editor : Vien Dimyati