Menikmati Jajanan Tradisional Kue Lapis Pelangi, Rasanya Legit

Vien Dimyati ยท Jumat, 12 Oktober 2018 - 17:00 WIB
Menikmati Jajanan Tradisional Kue Lapis Pelangi, Rasanya Legit

Kue Lapis Pelangi (Foto: Instagram)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id - Kue tradisional yang satu ini memang legendaris. Siapa yang tidak suka dengan kue lapis. Teksturnya lembut dan kenyal, memiliki rasa manis dan legit. Rasa santannya begitu terasa dan dominan.

Tampilannya berlapis-lapis. Biasanya, kue asal Jawa Tengah ini memiliki rasa pandan. Tetapi jika Anda ingin membuat kue lapis yang berbeda dari biasanya, cobalah dibuat menjadi pelangi atau berwarna-warni di tiap lapisannya.

Cara asyik memakan kue ini adalah melepaskan setiap lapisannya. Ini menambah kenikmatan untuk menyantap kue lapis pelangi. Untuk membuatnya juga mudah, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan seperti tepung kanji, tepung beras, gula, pewarna makanan, dan lainnya.

Ingin tahu resep dan cara membuatnya? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @dhiahoddie, Jumat (12/10/2018).

Bahan :

500 gr tepung kanji
250 gr tepung beras
500 gr gula pasir
8 gelas tanggung santan kental, rebus dengan pandan dan dinginkan (per gelas 200 ml)
1 sdt garam
1 sdt vanili
1 sdt pemutih (skip)
Pewarna merah, kuning, ungu dan hijau

Cara Membuat :

1. Campur semua bahan jadi satu, kecuali pewarna dan pemutih kue. Tuang santan dan aduk rata sampai gula larut, saring.

2. Bagi adonan menjadi dua bagian sama rata, adonan putih (beri pemutih) dan adonan satu lagi bagi menjadi empat bagian, beri pewarna merah, kuning, ungu dan hijau.

3. Siapkan loyang loaf ukuran 22x10 cm, oles dengan minyak/margarin tipis-tipis. Alasi plastik. Tuang satu sendok sayur adonan warna merah, kukus sampai set (3-5 menit), kemudian tuang adonan warna putih satu sendok sayur, begitu seterusnya sampai menghasilkan warna merah empat layer. Kuning empat layer, ungu empat layer dan hijau empat layer dan tentunya di antaranya di selingi layer putih, lakukan sampai selesai. Kukus kembali selama 15 menit. Angkat dan dinginkan.

4. Potong-potong sesuai selera dengan pisau yang dibungkus plastik/spatula. Siap disajikan.

5. Resep ini jadi dua loyang loaf.

Catatan : Pemutih kue fungsinya untuk memperjelas adonan putih pada lapis menjadi lebih putih ketika di timpa warna lain. Aman di gunakan untuk makanan dan di jual di toko-toko bahan kue dengan nama pemutih kue.


Editor : Vien Dimyati