Onde-Onde Wijen Isi Kacang Hijau, Rasanya Super Legit

Vien Dimyati ยท Sabtu, 13 Oktober 2018 - 17:35 WIB
Onde-Onde Wijen Isi Kacang Hijau, Rasanya Super Legit

Onde-Onde wijen kacang hijau (Foto: Instagram)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id - Jajanan tradisional ini cukup populer di masyarakat. Onde-onde wijen dengan isian kacang hijau memiliki rasa gurih dan lezat.

Cocok untuk camilan yang dihidangkan saat berkumpul bersama keluarga. Wijen isi kacang hijau mudah dibuat sendiri di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan juga mudah didapat.

Ingin tahu resep dan cara membuat onde-onde isi kacang hijau? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @riskajuliannaa, Sabtu (13/10/2018).

Bahan Kulit :

200 gr tepung ketan putih
50 gr tepung tapioka (bisa diganti kentang kukus halus)
5 sdm gula pasir
¼ sdt garam
190 ml air hangat
100 gr wijen

Bahan Isian :

100 gr kacang hijau kupas (rendam selama 4 jam)
350 ml air
70 gr gula pasir
35 ml minyak sayur
10 gr tepung ketan putih (larutkan dengan sedikit air)
¼ sdt garam

Cara Membuat Isian :

1. Tiriskan kacang yang sudah direndam lalu pindahkan ke panci, rebus bersama air 350 ml dengan api sedang sampai airnya menyusut, matikan api, biarkan hingga uap panasnya hilang lalu blender hingga halus.

2. Panaskan teflon/wajan antilengket masukkan kacang hijau halus tambahkan gula, garam dan larutan tepung ketan aduk rata, lalu tambahkan minyak sayur, aduk rata sampai menjadi adonan kalis dan bisa dibulat-bulat, matikan api. Lalu bulat-bulatkan sekitar 10-12 gram, sisihkan.

Cara Membuat Kulit Onde :

1. Campurkan tepung ketan, tepung tapioka, gula pasir, garam, lalu tambahkan air hangat sedikit demi sedikit. Hentikan jika sudah bisa dibentuk.

2. Ambil adonan kurang lebih 21-23 gram, pipihkan, beri isian lalu bulatkan. Celupkan ke air lalu gulingkan ke wijen, dan siap digoreng.

Note: agar tidak meletus saat digoreng, masukkan onde ke dalam minyak yang belum panas, pakai api kecil dulu, setelah onde mengapung naikkan ke api sedang. Hasil sekitar 22 pcs onde-onde.


Editor : Vien Dimyati