Spot Tereksotis Lihat Sunrise Borobudur, Mendaki Bukit Punthuk Setumbu

Vien Dimyati ยท Sabtu, 13 Oktober 2018 - 13:32 WIB
Spot Tereksotis Lihat Sunrise Borobudur, Mendaki Bukit Punthuk Setumbu

Bukit Punthuk Setumbu (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke Magelang tanpa mengunjungi Candi Borobudur, rasanya kurang lengkap. Ada banyak hal menarik yang dapat dieksplor ketika mengunjungi candi terbesar di dunia ini. Salah satunya berburu sunrise pertama di Magelang.

Ya, meski ada banyak tempat menarik dikunjungi untuk melihat sunrise Borobudur. Tetapi, Bukit Punthuk Setumbu menjadi spot tereksotis melihat sunrise Borobudur.

Bukit Punthuk Setumbu merupakan salah satu spot terbaik menyaksikan sunrise dengan latar Gunung Merbabu. Dari ketinggian 400 mdpl, Anda dapat melihat megahnya Candi Borobudur di pagi hari saat kabut masih tebal menyelimuti.

"Ada yang pernah ke Punthuk Setumbu? Salah satu spot sunrise point terbaik untuk melihat indahnya mentari pagi, dibalut dengan alam indah yang berlatar belakang megahnya candi terbesar di dunia, Borobudur," tulis Instagram @Indoflashlight, dikutip Sabtu (13/10/2018).

Bukit Punthuk Setumbu terletak di gugusan Pegunungan Menoreh. Dulunya tempat ini merupakan ladang penduduk. Tetapi, karena pernah ada fotografer mengabadikan sunrise di sini, Punthuk Setumbu kemudia jadi ramai dikunjungi wisatawan.

Jika traveler tertarik datang untuk berburu sunrise Borobudur, disarankan untuk tiba di sini sebelum pukul 05.00 WIB. Sebab, dari parkiran yang ada di bukit, Anda harus trekking sekitar 15 menit untuk mencapai puncak.

Puncak Setumbu berupa pelataran luas yang dikelilingi pagar pembatas. Di sini juga terdapat rumah panggung, gazebo, dan kursi-kursi kayu untuk menanti matahari terbit.

Bukit Setumbu terletak tidak jauh dari Candi Borobudur, tepatnya di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang. Dari Yogyakarta Anda dapat menempuh perjalan selama satu jam menggunakan kendaraan pribadi. Untuk memasuki kawasan Bukit Punthuk Setumbu, Anda cukup membayar retribusi Rp15.000 per orang.


Editor : Vien Dimyati