Sukses Digelar di 4 Kota, Festival Pesona Lokal Dapat Banyak Apresiasi

Tuty Ocktaviany ยท Senin, 08 Oktober 2018 - 11:56 WIB
Sukses Digelar di 4 Kota, Festival Pesona Lokal Dapat Banyak Apresiasi

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah membuka Festival Pesona Lokal Makassar. (Foto: iNews.id/Tuty Ocktaviany)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id – Festival Pesona Lokal Makassar sukses digelar dan mendapatkan apresiasi dari banyak kalangan. Tidak hanya dari Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah,  tetapi juga Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto dan Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal.

"Saya sangat senang acara ini terselenggara di Kota Makassar. Saya kira, Festival Pesona Lokal mengesplor dan memberikan ruang bagi budaya lokal. Itu merupakan hal penting dalam memelihara budaya kita," tutur pria yang akrab disapa Danny Pomanto kepada iNews.id, Minggu 7 Oktober 2018.

Selain memelihara budaya, sambung Danny, acara Festival Budaya Lokal juga mempunyai nilai positif. Tidak sekadar mengeksplor, tetapi bisa melestarikan dan menemukan budaya baru.

"Budaya merupakan bagian dari sejarah. Dengan Festival Pesona Lokal ini, tentunya akan memperkuat budaya Indonesia," kata dia.

Tentu saja ada banyak hal yang bisa ditemukan dalam budaya lokal di setiap daerah. Ada kearifan lokal yang bisa ditemui.

"Yang lebih menarik, iNews sebagai sebuah media besar bukan hanya konsentrasi memotivasi pemerintah daerah, tetapi juga kebudayaan daerah. Itu luar biasa sekali," kata pria berkacamata ini.

Danny menilai, ada dua hal yang bisa mempersatukan Indonesia, yaitu olahraga dan budaya.

"iNews sudah memulai dengan sangat baik. Harapan ke depan bisa semakin lebih kuat lagi," kata Danny.

Apresiasi yang sangat positif tersebut membuat penyelenggara Festival Pesona Lokal sangat senang. Salah satunya, pihak iNews.

“Kami happy juga, respons dari acara Festival Pesona Lokal sangat bagus. Ini penyelenggaraan yang keempat, sebelumnya digelar di Bali, Solo Raya, dan Bandung,” tutur Direktur Sales dan Marketing iNews Surya Hadiwinata kepada iNews.id usai acara, Monumen Mandala Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu 7 September 2018.

Hadi kembali mengatakan, “Ini di luar ekspektasi kita. Empat kali penyelenggaraan Festival Pesona Lokal, sangat bagus apresiasinya dari mereka.”

Sejak digelar perdana di Bandung, Festival Pesona Lokal mendapatkan apresiasi dan dukungan luar biasa dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Begitu pula ketika digelar di Solo Raya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung Festival Pesona Lokal yang berhasil menggerakkan ekonomi masyarakat setempat.

“Adira terima kasih, iNews terima kasih sudah menggelar acara Festival Pesona Lokal. Betapa indahnya, bahagianya bisa merawat budaya. Inilah ekonomi kreatif sebagai tonggak ekonomi baru. Terus kreatif dan inovatif," kata Ganjar Pranowo di panggung utama De Tjolomadoe, Karanganyar, Jateng, Minggu 9 September 2018.

Kesuksesan penyelenggaraan FPL rupanya tidak sampai di situ saja. Pada 23 September lalu, Denpasar, Bali juga sukses menjadi tuan rumah. Acara FPL Bali juga mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat dan pemerintah daerah.


BACA JUGA:

Festival Pesona Lokal Bisa Dongkrak Wisatawan ke Makassar
Penutupan FPL Makassar, Zaskia Gotik Sukses Bikin Histeris Penonton

Gubernur Bali I Wayan Koster berharap, Festival Pesona Lokal bisa digelar kembali setahun dua kali di Bali.

"Gubernur menyampaikan pesan agar Festival Pesona Lokal diadakan rutin setiap tahun. Bahkan, setahun bisa dua kali digelar di Bali," tutur Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali Nyoman Sujaya membacakan sambutan I Wayan Koster yang berhalangan hadir di panggung FPL Bali, Lapangan Renon, Denpasar, Minggu 23 September lalu.

Nyoman kembali menambahkan, "Kami dari pemerintah daerah sangat mengapresiasi Festival Pesona Lokal. Acaranya bagus karena mengusung konten lokal yang menjadi kekuatan di Bali. Tidak hanya budaya, tetapi Bali punya keunggulan pada kuliner dan kerajinan."

Selesai acara di Makassar, Festival Pesona Lokal akan digelar kembali di kota berikutnya. Kota tersebut di antaranya Malang, Pontianak, Palembang, Medan, dan Jakarta sebagai penutup seluruh rangkaian acara.

Seperti diketahui, Festival Pesona Lokal merupakan program CSR bersama Adira Finance, iNews dan Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) yang didukung oleh Adira Insurance. Acara ini bertujuan mempromosikan potensi budaya, pariwisata, dan kearifan lokal suatu daerah.


Editor : Tuty Ocktaviany