Travelling ke Luar Negeri, Pahami 4 Etika Ini agar Lebih Sopan

Vien Dimyati · Jumat, 06 April 2018 - 11:28:00 WIB
Travelling ke Luar Negeri, Pahami 4 Etika Ini agar Lebih Sopan
Beretika ketika travelling ke negara lain (Foto: Insider)

JAKARTA, iNews.id - Bepergian ke negara baru tentunya akan menjadi momen menyenangkan. Tetapi, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar tidak dianggap tak sopan.

Salah satunya ketika berkunjung ke Amerika Serikat. Meskipun sedang marasakan kegembiraan, namun tidak ada salahnya traveler memahami peraturan yang diterapkan di setiap negara. Anda harus tahu bagaimana caranya agar tidak menyinggung perasaan orang-orang di negara tersebut.

Misalnya adalah ada banyak hal yang tampak normal atau tradisional dalam budaya Amerika yang dapat dipandang sebagai tidak sopan atau tidak peka. Pertanyaan paling banyak diajukan adalah apakah Anda harus memberi tip di negara-negara asing?

Ingin tahu hal apa saja yang harus diperhatikan traveler ketika bepergian ke berbagai negara? Berikut ulasan iNews.id, seperti dikutip melalui Insider, Jumat (6/4/2018).

Bahasa

Hanya karena itu satu-satunya bahasa Inggris yang Anda tahu, tidak berarti setiap orang juga tahu bahasa Inggris. Untuk menghindari menyinggung perasaan orang-orang di negara tersebut,
traveler yang pernah melakukan perjalanan lebih dari 30 negara, Viviana Werner menyarankan dengan sopan. Para traveler sebaiknya menanyakan terlebih dahulu, apakah orang tersebut bisa berbahasa Inggris sebelum berbicara dengan Anda.

Tidak peka terhadap agama dan budaya

Kadang-kadang, pakaian yang akan terlihat lucu di Instagram Anda belum tentu sesuai untuk dikenakan ke objek wisata yang Anda kunjungi. "Di Inggris, Brussels, di mana saja di luar negeri, beberapa orang ingin menjelajahi tempat-tempat bersejarah, dan mungkin ada aturan berpakaian," kata wisatawan Erica Wilkerson. "Tapi mereka memilih mengenakan apa pun. Sebenarnya itu kasar. Terutama ketika ada rambu-rambu yang dipasang tentang itu," ujarnya. Agama dan budaya suatu negara jauh lebih penting daripada Anda mengambil gambar keren untuk Instagram.

Lebih teliti dengan negara yang dikunjungi

Saat bepergian, penting untuk tidak hanya menginformasikan diri Anda tentang situs wisata yang akan dikunjungi, tetapi juga area yang Anda kunjungi secara keseluruhan. Alyssa Shanelle, yang keturunan Jamaika mengatakan, tidak melakukan penelitian sebelum berkunjung adalah salah satu kesalahan terbesar yang dapat dilakukan saat bepergian. "Anda harus melakukan penelitian nyata pada daerah yang akan dikunjungi. Bukan hanya negaranya. Sama seperti tempat tertentu di AS yang berbeda dan tidak aman. Sebagian besar negara juga seperti itu," katanya.

"Perhatikan hal itu dan jangan menjauh dari pengalaman Anda dengan membuat stereotipe di seluruh negeri. Orang Amerika bisa sangat naif dan mengunjungi negara mana saja." Setiap pengalaman baik, hanya Anda yang bisa membuatnya. Pastikan Anda membuatnya sebaik mungkin.

Tertawa terlalu banyak saat berbelanja di pasar lokal

Werner yang mengunjungi Meksiko baru-baru ini, memberi tahu Insider, orang Amerika memiliki kecenderungan untuk mencoba mendapatkan harga lebih rendah ketika berbelanja di negara lain. "Sejujurnya, para penjual mengharapkannya, tetapi ketika saya berada di Meksiko, saya menyaksikan seorang Amerika marah pada penjual ketika mereka berusaha untuk mendapatkan sesuatu yang sangat murah," katanya.

"Tergantung di mana Anda berada, barang-barang ini adalah barang buatan tangan asli yang harganya murah, mereka biasanya akan memberi kesepakatan jika Anda bertanya. Anda tidak dapat mengharapkannya, dan itu masih harus adil."

Editor : Vien Dimyati