Wisata Bunga Bangkai Raksasa Amorphophallus Titanum, Mekar di Bengkulu

Vien Dimyati ยท Sabtu, 13 Oktober 2018 - 15:34 WIB
Wisata Bunga Bangkai Raksasa Amorphophallus Titanum, Mekar di Bengkulu

Bunga Bangkai Raksasa Amorphophallus Titanum (Foto: Instagram)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id - Untuk urusan pariwisata, destinasi di Bengkulu memang belum terlalu banyak terekspos di kalangan wisatawan. Tetapi, yang perlu diketahui adalah Bengkulu merupakan provinsi yang terkenal memiliki bunga Rafflesia Arnoldi.

Bunga ini terbesar di dunia dengan diameter sampai dengan 100 cm. Hal ini pula yang menjadikan Bengkulu terkenal hingga ke mancanegara. Tak hanya Rafflesia Arnoldi, Bengkulu juga memiliki bunga bangkai raksasa lain yaitu Amorphophallus Titanum.

Amorphophallus titanum ini berbau tak sedap seperti daging busuk. Untuk perkembangannya, bunga bangkai mendapat keuntungan dari serangga yang tertarik dengan baunya karena membantu penyerbukan bunga.

Serangga akan masuk ke dalam bunga karena tertarik dengan bau busuk dan juga panas yang dihasilkan bunga. Setelah berada di dalam bunga, serangga akan terselimuti dengan serbuk, yang akan disebarkan di tempat lain setelah terbang ke luar.

Jika traveler tertarik melihat bunga raksasa ini, datanglah ke Desa Kayu Ajaran, Kecamatan Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan ketika sedang bermekaran.

"Kibut atau bunga bangkai raksasa atau Suweg Raksasa, Amorphophallus titanum Becc Merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan endemik dari Sumatera, Indonesia. Bunga ini juga dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga terbesar di dunia. Dan di foto ini Bunga Amorphophallus Titanum yang mekar di Desa Kayu Ajaran, Kecamatan Ulu Manna, Kab. Bengkulu Selatan, Indonesia. Bunga ini sangat langka bersama dengan bunga Raflessia Arnoldi. Bangga ya di Indonesia banyak flora dan fauna langka dan masih bisa kita lihat sampai saat ini. Semoga tetap lestari," tulis Instagram @Indoflashlight dikutip Sabtu (13/10/2018).

Bunga bangkai memang memiliki daya pikat tersendiri bagi wisatawan. Bahkan, bunga raksasa ini dilestarikan di penangkaran oleh masyarakat. Salah satunya di area penangkaran milik warga Desa Tebat Monok, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu.

Setelah bunga mekar, masyarakat maupun wisatawan dapat berwisata melihat keindahannya. Karena area penangkaran bunga raksasa dibuka untuk umum. Bagaimana, apakah Anda tertarik berwisata ke Bengkulu sambil mengenal lebih dalam bunga bangkai terbesar di dunia?

 


Editor : Vien Dimyati