Wisata Hits Semarang, Kunjungi Gua Kreo yang Legendaris dan Instagenic

Vien Dimyati ยท Senin, 08 Oktober 2018 - 16:10 WIB
Wisata Hits Semarang, Kunjungi Gua Kreo yang Legendaris dan Instagenic

Wisata Hits Gua Kreo Semarang (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak daerah yang menawarkan destinasi wisata kekinian untuk menghibur wisatawan. Mulai dari hutan pinus, hutan payung, taman bunga warna-warni, dan lainnya yang terlihat instagenic.

Ya, salah satu daerah yang menawarkan berbagai destinasi wisata digital adalah Semarang. Ada banyak destinasi wisata menarik untuk dijelajahi ketika di Semarang, Jawa Tengah, yaitu Gua Kreo.

Goa Kreo adalah objek wisata gua yang terbentuk oleh alam dan terletak di tengah-tengah Waduk Jatibarang yang membendung Kali Kreo.

Objek wisata yang sudah tua ini diubah menjadi destinasi kekinian yang sedang hits. Berada di sini, Anda akan melihat berbagai macam spot instagenik, seperti negeri di atas awan. Ini merupakan spot foto berbentuk busa berwarna putih yang didesain mirip awan.

Selain itu juga ada gardu pandang berbentuk love dan spot instagramable lainnya. "Ada spot baru lagi nih di kawasan wisata Gua Kreo. Ada yang sudah ke sini? Terima kasih telah menikmati akhir pekan di Semarang," tulis Instagram @WisataSemarang dikutip Senin (8/10/2018).

Gua Kreo lekat dengan tokoh Wali Songo, yaitu Sunan Kalijaga. Di sini, terdapat banyak kera yang hidup secara liar namun tetap dilindungi. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, asal nama Kreo ini adalah pemberian dari Sunan Kalijaga yang akan pergi ke Demak beserta para pengikutnya.

Di tengah perjalanan beliau beristirahat di gua ini. Kemudian datang beberapa monyet yang datang membantu dan ingin turut serta ke Demak. Namun, sunan tidak mengizinkan dan malah mengutus para monyet ini untuk ngreho (menjaga) gua dan sungai yang mengalir di dekatnya.

Jika penasaran untuk berwisata ke Gua Kreo, Anda dapat mencapainya dengan mengambil rute ke ara Klenteng Sam Poo Kong, kemudian menelusuri jalan Simongan, hingga memasuk kawasan Kecamatan Gunungpati. Bagaimana, Anda siap menelusuri Gua Kreo yang instagenic?


Editor : Vien Dimyati