Update Virus Korona Indonesia

Bio Farma Tak Tertarik Vaksin Pfizer: Kondisi Penyimpanan Harus Minus 70 Derajat

Suparjo Ramalan ยท Sabtu, 21 November 2020 - 19:45 WIB
Bio Farma Tak Tertarik Vaksin Pfizer: Kondisi Penyimpanan Harus Minus 70 Derajat

Vaksin Pfizer. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - PT Bio Farma (Persero) angkat bicara soal kandidat vaksin asal AS. Vaksin hasil kerja sama Pfizer dan BioNTech itu menjadi salah satu yang terdepan dengan tingkat kemanjuran 96 persen.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, kualitas vaksin Pfizer sangat baik karena hasil uji klinis tahap ketiga menunjukkan efektivitas yang cukup tinggi.

"Tapi kondisi storage-nya itu harus minus 70 derajat celcius. Itu Indonesia belum memiliki kemampuan seperti itu, dan bahaya sekali kalau vaksin ini tidak disimpan di suhu yang sebenarnya, dia akan rusak sehingga nantinya pada saat diberikan kepada masyarakat ini akan berbahaya," katanya, Sabtu (21/11/2020).

Honesti mengungkapkan saat ini ada dua vaksin yang akan digunakan pemerintah, yaitu Sinovac (China) dan Covax (CEPI). Kedua vaksin tersebut cukup disimpan dalam suhu antara 2-8 derajat celcius.

Dia menambahkan, penetapan vaksin Covid-19 yang dipakai bukan wewenang Bio Farma, melainkan Kementerian Kesehatan. Ada kriteria-kriteria tertentu yang harus dipenuhi.

"Tentunya sudah ada kriteria tertentu yang membuat nanti Indonesia bisa deliver vaksin itu lebih cepat, mulai dari pengembangannya ataupun pengadaannya, sampai nanti distribusi dan program vaksinasinya ke masyarakat," tuturnya.


Editor : Rahmat Fiansyah