Update Virus Korona Indonesia

Cegah Stres Berlebihan di Tengah Pandemi Covid-19 lewat Relaksasi

Siska Permata Sari ยท Rabu, 16 September 2020 - 10:28 WIB
Cegah Stres Berlebihan di Tengah Pandemi Covid-19 lewat Relaksasi

Relaksasi bisa mencegah stres berlebihan di tengah pandemi Covid-19. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Situasi serba tak menentu di tengah pandemi Covid-19, sering kali menyebabkan rasa cemas, khawatir, dan stres. Wajar jika merasakan tiga hal itu ketika pandemi virus menular ini, masih belum menunjukkan keadaan yang berangsur baik.

Meskipun wajar, rasa stres yang dirasakan dalam diri seharusnya bisa dikelola dengan baik. Dalam artian, bisa dikontrol sehingga tidak berlebihan dan malah menimbulkan gangguan kesehatan mental lebih lanjut.

Dokter medis, dr Reinita Arlin Baskoro mengungkap data dalam sebuah penelitian Perhimpunan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia (PDSKJI) menemukan, 64 persen dari 1.500 orang yang telah melakukan konsultasi kepada dokter kejiwaan mengalami gangguan.

“Mulai dari stres, depresi, cemas sampai PTSD (gangguan stres pascatrauma). Dari 64 persen itu, 80 persennya mengatakan bahwa gangguan itu muncul karena pandemi,” tutur dr Arlin saat peluncuran virtual Trulife by Tupperware Essential Oil, Selasa (15/9/2020).

Dia menjelaskan, kondisi saat pandemi seperti sekarang merupakan stresor yang menyebabkan sebagian besar orang mengalami stres, cemas, dan takut.

“Hal ini efeknya tidak hanya ke kesehatan mental saja, tetapi fisik kita juga ikut lelah,” ujarnya.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengontrol rasa stres tersebut agar tidak sampai berlebihan dan justru mengganggu kesehatan fisik serta mental. Selain mengonsumsi makanan bergizi kaya protein dan olahraga ringan sampai sedang, dr Arlin juga menyarankan untuk mencoba relaksasi diri.

“Ada teknik yang harus kita kuasai, yaitu relaksasi. Karena stresor berlebih dapat memicu hormon stres, yaitu kortisol yang kalau itu muncul berlebihan bisa tidak baik efeknya pada tubuh. Relaksasi menjadi salah satu cara mengontrol itu, agar kita bisa lebih bahagia,” katanya.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk relaksasi. Salah satunya menstimulasi indera penciuman dengan aroma yang menyenangkan. “Lima panca indera kita itu harus diransang agar kita juga bisa happy. Berikanlah stimulasi yang enak dan menyenangkan,” katanya.

Menstimulasi indera penciuman dengan mencium aroma yang menyenangkan dari minyak essensial, misalnya, dapat memberikan sinyal menyenangkan pada otak yang bisa menimbulkan hormon bahagia.


Editor : Tuty Ocktaviany