Update Virus Korona Indonesia

Dampak WFH Selama Covid-19: Konsumsi BBM Turun, LPG Naik

Djairan ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 21:02 WIB
Dampak WFH Selama Covid-19: Konsumsi BBM Turun, LPG Naik

Konsumen menggunakan BBM nonsubsidi jenis Pertamax. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Imbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah (work from home) berpengaruh pada konsumsi BBM dan LPG. Konsumsi BBM tercatat turun, namun LPG justru naik.

Berdasarkan data Pertamina, sejak penerapan WFH Senin (16/3/2020), konsumsi harian BBM tercatat 123,74 ribu kiloliter (KL), turun 8 persen dari rata-rata normal 134,87 ribu KL.

Sementara konsumsi LPG rumah tangga naik, baik subsidi maupun nonsubsidi. Konsumsi gas subsidi naik 0,7 persen dari 21,93 ribu metrik ton menjadi 22,10 ribu metrik ton. Adapun konsumsi gas nonsubsidi naik 5,4 persen dari konsumsi normal harian 2,05 ribu metrik ton menjadi 2,16 metrik ton.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman memastikan, ketersediaan pasokan BBM dan LPG dalam kondisi aman, baik untuk saat ini maupun hari-hari ke depan.

“Sebagai langkah antisipasi penyebaran virus korona, Pertamina menyemprotkan disinfektan pada tabung-tabung LPG, fasilitas SPBU dan penerapan prosedur tambahan untuk petugas SPBU seperti penggunaan masker, sarung tangan dan hand sanitizer," ujarnya, Kamis (26/3/2020).

Pertamina, kata Fajriyah, menjamin produksi, distribusi, hingga pemasaran produk perseroan lancar selama wabah Covid-19. Bahkan, BUMN energi itu mengoptimalkan layanan pengantaran untuk mendukung kebijakan WFH.


Editor : Rahmat Fiansyah