Update Virus Korona Indonesia

Hasil Uji Coba Vaksin Virus Corona di China Memuaskan

Anton Suhartono ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 22:18 WIB
Hasil Uji Coba Vaksin Virus Corona di China Memuaskan

Uji coba vaksin virus corona pada hewan di China menunjukkan hasil memuaskan (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id - Para peneliti dari dua universitas di China melaporkan perkembangan membahagiakan dari hasil uji coba vaksin virus corona pada hewan.

Ada respons kekebalan yang kuat dalam uji coba vaksin pada hewan yang sudah diinfeksi virus corona.

Para peneliti Universitas Fudan dan Universitas Jiao Tong Shanghai mengembangkan kandidat vaksin ini pada platform ribonucleic acid atau mRNA, di mana sel dipacu untuk membuat protein.

Para ilmuwan mengatakan, struktur protein pada virus corona memungkinkan patogen mengikat dan menyerang sel manusia.

Vaksin mRNA dirancang untuk mengantisipasi serangan lonjakan protein ini dan memicu respons imun.

Dalam penelitian yang diterbitkan bioRxiv pada 15 Mei, para peneliti menyuntikkan dosis tunggal kandidat vaksin, diberi nama ShaCoVacc, pada tikus dan dalam 2 pekan terjadi peningkatan antibodi yang signifikan.

Penelitian lain mengungkap, diperlukan dua atau tiga dosis vaksin tidak aktif untuk mendapatkan respons.

“Hasil ini mendukung pengembangan ShaCoVacc lebih lanjutsebagai kandidat vaksin Covid-19,” kata para peneliti, dikutip dari SCMP, Kamis (21/5/2020).

Laboratorium di seluruh dunia berlomba-lomba berpacu dengan waktu untuk mengembangkan vaksin virus corona yang hingga kini telah merenggut sekitar 330.000 nyawa di seluruh dunia.

Epidemiolog WHO Maria van Kerkhove mengatakan badan PBB itu telah memetakan lebih dari 120 kandidat vaksin, beberapa di antaranya dalam pengujian klinis.

Pekan lalu perusahaan farmasi AS Moderna melaporkan hasil uji coba tahap awal vaksin mRNA yang menjanjikan. Vaksin itu dikembangkan bekerja sama dengan Institut Nasional untuk Penyakit Menular dan Alergi.


Editor : Anton Suhartono