Update Virus Korona Indonesia

Pakar WHO Peringatkan Penyebaran Virus Corona Tak Dipengaruhi Musim

Anton Suhartono ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 12:37 WIB
Pakar WHO Peringatkan Penyebaran Virus Corona Tak Dipengaruhi Musim

Margaret Harris (Screengrab: Daily Mail)

JENEWA, iNews.id - Pakar di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum melihat adanya pengaruh perubahan musim atau cuaca terhadap penyebaran virus corona. Dia meminta semua pihak untuk tidak mengendurkan kewaspadaan.

Dalam pengarahan secara virtual dari Jenewa, pakar WHO Margaret Harris mengatakan, pandemi bisa muncul sebagai satu gelombang, tak sama seperti influenza yang bisa beberapa gelombang.

WHO, kata dia, tidak mendefinisikan pandemi virus corona dalam gelombang karena semua hakikatnya masih satu, dengan kurva yang naik turun. Menjadi tugas semua untuk membuatnya menjadi landai.

"Orang-orang masih berpikir tentang musim. Hal yang perlu kita pahami adalah ini virus baru dan virus ini punya perilaku berbeda," kata Harris, dikutip dari Xinhua, Rabu (29/7/2020).

Menurut perempuan yang menjabat staf komunikasi WHO itu, corona merupakan virus pernapasan baru dengan perilaku berbeda dan belum tentu berubah mengikuti musim.

Dia menegaskan, sebaiknya orang-orang mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak sosial, serta melakukan hal lainnya, untuk membentengi diri dari wabah mengandalkan musim.

Langkah ini juga dalam rangka mencegah penularan virus lain mengingat musim flu segera tiba terutama di belahan bumi selatan. Dia menganjurkan orang-orang yang tinggal di bumi selatan untuk menjalani vaksinasi antiflu.


Editor : Anton Suhartono