Update Virus Korona Indonesia

Peringatan WHO: Risiko Global Covid-19 Masih Sangat Tinggi

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 04:10 WIB
Peringatan WHO: Risiko Global Covid-19 Masih Sangat Tinggi

Petugas medis di Prancis sedang menyiapkan alat tes Covid-19, beberapa waktu lalu. (Foto: AFP)

JENEWA, iNews.id – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Sabtu (1/8/2020) memperingatkan pandemi virus corona (Covid-19) mungkin akan berlangsung dalam waktu panjang. Peringatan itu muncul setelah Komite Darurat WHO menggelar pertemuan untuk mengevaluasi krisis yang sudah terjadi sejak enam bulan lalu.

Dalam sebuah pernyataan, badan PBB itu juga memperingatkan risiko akan “kelelahan” negara-negara dalam merespons pandemi Covid-19 karena tekanan sosial-ekonomi yang mereka hadapi.

Panel Komite Darurat WHO berkumpul Jumat (31/7/2020) lalu untuk keempat kalinya untuk membahas krisis corona. Pertemuan itu diselenggarakan setelah satu semester berlalu sejak deklarasi darurat kesehatan masyarakat internasional (PHEIC) diumumkan WHO pada 30 Januari lalu. PHEIC adalah alarm atau peringatan tingkat tertinggi di WHO.

“WHO tetap menilai tingkat risiko global Covid-19 saat ini sangat tinggi,” ungkap pernyataan WHO yang dikutip AFP, Sabtu (1/8/2020).

“Komite menyoroti durasi panjang pandemi Covid-19 yang diantisipasi ini, mencatat pentingnya upaya berkelanjutan komunitas, nasional, regional, dan respons global,” kata pernyataan itu lagi.

Virus corona baru telah membunuh sedikitnya 680.000 orang dan menginfeksi setidaknya 17,6 juta penduduk di seluruh dunia, sejak wabah itu muncul di China pada Desember lalu, menurut penghitungan dari sumber resmi yang dihimpun AFP.

Melihat data di atas, tidak mengherankan kiranya Komite Darurat WHO—yang terdiri atas 18 anggota dan 12 penasihat itu—dengan suara bulat sepakat bahwa pandemi Covid-19 sampai hari ini masih masuk kategori PHEIC.


Editor : Ahmad Islamy Jamil