Update Virus Korona Indonesia

Presiden Brasil Jair Bolsonaro Sembuh, Kini Giliran Istri Terinfeksi Covid-19

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 09:36 WIB
Presiden Brasil Jair Bolsonaro Sembuh, Kini Giliran Istri Terinfeksi Covid-19

Ibu Negara Brasil, Michelle Bolsonaro. (Foto: AFP)

BRASILIA, iNews.id – Ibu Negara Brasil, Michelle Bolsonaro, dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19), Kamis (30/7/2020) waktu setempat. Michelle terjangkit virus asal China tersebut, setelah suaminya menghabiskan dua pekan dalam karantina.

AFP melansir, pengumuman itu datang lima hari setelah Presiden Jair Bolsonaro mengaku baru sembuh dari penyakitnya dan telah melanjutkan rutinitas kerja yang normal. Kantor Presiden Brasil menyatakan, Michelle Bolsonaro (38) dalam kondisi sehat dan akan mengikuti semua protokol kesehatan yang ada.

Jair Bolsonaro (65) telah menghadapi hujanan kritik atas penanganan pandemi Covid-19 di Brasil. Pasalnya, negeri samba kini menjadi negara dengan jumlah infeksi dan kematian tertinggi kedua di dunia, setelah Amerika Serikat. Total kejadian infeksi virus corona di Brasil per hari ini tercatat sebanyak 2,5 juta kasus, sedangkan jumlah pasien meninggalnya mencapai 91.000 jiwa.

Bolsonaro menganggap enteng pandemi Covid-19. Dia bahkan pernah membandingkan virus itu dengan “flu ringan”. Politikus sayap kanan Brasil itu dengan gigih meminta kepada negara-negara bagian untuk mengakhiri perintah “di rumah saja” dan berbagai tindakan pembatasan lainnya. Dia beralasan, dampak ekonomi akibat kebijakan pembatasan bisa lebih buruk daripada penyakit itu sendiri.

Sejauh ini, lima menteri Bolsonaro juga dinyatakan positif mengidap virus corona. Yang terbaru adalah Menteri Sains dan Teknologi, Marcos Pontes, yang dinyatakan positif pada Kamis (30/7/2020).


Editor : Ahmad Islamy Jamil