Update Virus Korona Indonesia

Ridwan Kamil Bersedia Jadi Relawan Vaksin Covid-19, Deddy Corbuzier: Kang, Lo Tuh Gila

Rizqa Leony Putri ยท Selasa, 15 September 2020 - 20:55 WIB
Ridwan Kamil Bersedia Jadi Relawan Vaksin Covid-19, Deddy Corbuzier: Kang, Lo Tuh Gila

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil jadi relawan vaksin Covid-19. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil baru-baru ini telah menjalani uji klinis sebagai relawan vaksin Covid-19. Hal ini tentunya menjadi sorotan banyak pihak, termasuk Deddy Corbuzier.

Mentalis yang kini aktif membuat podcast ini menyebut sosok Ridwan Kamil 'tak waras' dalam mengambil keputusan tersebut. Hal ini terlihat dari video yang diunggah pada kanal YouTube Deddy Corbuzier.

"Saya mau ngomong dulu nih kang, jangan tersinggung ya. Kang, lo tuh gila. Lo gila, beneran," kata Deddy seperti dikutip iNews.id pada Selasa (15/9/2020).

"Mungkin, ha-ha-ha," ujar pria yang kerap disapa Kang Emil ini.

Deddy pun menyampaikan kebingungannya saat pertama kali membaca pemberitaan di media mengenai Kang Emil yang bersedia menjadi relawan vaksin Covid-19. Dia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemilik nama lengkap Mochamad Ridwan Kamil tersebut.

"Gue begitu baca tuh kang, gila ini orang. Terus gue penasaran banget, I need to talk to this guy, I really need to talk to him. Makanya terima kasih banget nih dari Bandung nih ya udah datang," kata Deddy.

"Tapi tetap aja gue mau ngomong, lo gila, kang. Ini vaksin belum dicoba, belum diuji. Anda gubernur, Anda disuntik," ujarnya.

Mendengar celoteh Deddy tersebut, Kang Emil hanya tertawa. Dia bahkan tak merasa tersinggung atas perkataan yang dilontarkan oleh Deddy tersebut.

"Maaf nih, buat saya nih kang, ini cuma ada tiga pilihan. Ini nekat, ini punya misi, atau goblok," kata Deddy.

"Mungkin yang ketiga, ha-ha-ha. Jadi gini, apa sih ending dari Covid? Ending dari Covid itu kalau seperti sejarah pandemi, manusianya punya imunitas. Nah, imunitas itu datang dari vaksin," ujar Kang Emil menjelaskan.

Menurut Kang Emil, akhir dari pandemi yang saat ini sedang berlangsung adalah timbulnya imunitas pada manusia nantinya. Sementara imunitas pada tubuh manusia yang sehat akan berasal dari vaksin yang disuntikkan.

"Kalau orang sehat dikasih namanya vaksin. Nah, jadi secara logika hanya itu. Pertanyaannya, apakah ada vaksinnya? Enggak ada, yang ada itu riset-riset yang hampir selesai, yang terdekat itu Sinovac dari China," kata Kang Emil.

Kang Emil mengungkapkan bahwa awalnya, istri serta kerabat terdekatnya tak setuju akan keputusannya tersebut. Namun setelah terlebih dahulu mempelajari dan berkonsultasi dengan para ahli, Kang Emil pun memantapkan niatnya tersebut.

"Harapan satu-satunya mengakhiri Covid-19, yaitu lahirnya vaksin. Saya takut juga, karena barang baru. Istri enggak setuju, semua enggak setuju. Apa yang saya lakukan? Standar anak digital ya, nge-Google dulu, baca soal efek samping. Kedua, saya tanya ke pofesornya soal ilmu vaksin," ujar Kang Emil.


Editor : Tuty Ocktaviany