Update Virus Korona Indonesia

Salip Rusia, Brasil Jadi Negara Nomor 2 dengan Kasus Corona Terbanyak di Dunia

Antara ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 11:01 WIB
Salip Rusia, Brasil Jadi Negara Nomor 2 dengan Kasus Corona Terbanyak di Dunia

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro. (Foto: AFP)

BRASILIA, iNews.idBrasil menjadi negara nomor dua dengan kasus infeksi virus corona (Covid-19) terbanyak di dunia. Negeri samba kini berada di belakang Amerika Serikat, setelah pemerintah negeri Amerika Latin itu mengonfirmasi total 330.890 warganya terinfeksi Covid-19 sejauh ini.

Brasil pun menyalip Rusia yang semula berada di urutan kedua dalam daftar negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di dunia. Brasil mencatatkan 1.001 pasien meninggal dunia akibat wabah corona pada pada Jumat (22/5/2020), sehingga total kematian karena Covid-19 di negara itu menjadi 21.048 jiwa, menurut Kementerian Kesehatan setempat.

Di Sao Paulo, kota terparah yang dilanda corona, sebuah tangkapan layar video memperlihatkan galian kuburan terbuka berjejer di Pemakaman Formosa, saat pihak pemakaman itu berpacu untuk memenuhi tuntutan(atas banyaknya jasad yang harus dikubur). Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, pun secara luas dikritik karena penanganannya terhadap wabah dan juga sedang berada di pusat krisis politik yang mendalam.

Elektabilitas politikus berlatar belakang pensiunan militer itu pun mengalami penurunan akibat sikap keras kepalanya menentang langkah-langkah jaga jarak sosial (social distancing). Keputusannya mendukung obat antimalaria klorokuin bagi pasien Covid-19 pun tak terbukti mujarab. Belum lagi perselisihannya dengan para pejabat kesehatan publik yang berpengalaman, semakin membuat penanganan wabah corona makin amburadul.

Jumlah kasus infeksi dan kematian akibat corona yang sebenarnya di Brasil mungkin lebih tinggi dari angka yang diperkirakan. Ini karena negara Amerika Latin dengan perekonomian tertinggi itu dianggapt terlalu lamban untuk meningkatkan pengujian corona secara massal.


Editor : Ahmad Islamy Jamil