Update Virus Korona Indonesia

Uni Eropa Bakal Izinkan Masuk Warga dari 14 Negara, Indonesia Belum Termasuk

Anton Suhartono · Selasa, 30 Juni 2020 - 22:32 WIB
Uni Eropa Bakal Izinkan Masuk Warga dari 14 Negara, Indonesia Belum Termasuk

Uni Eropa akan izinkan masuk warga dari 14 negara yang dianggap aman dari wabah virus corona (Foto: AFP)

BRUSSEL, iNews.id - Uni Eropa (UE) mengungkap 14 negara yang dianggap aman dari wabah virus corona, sehingga akan mengizinkan warga mereka masuk ke beberapa negara anggota di masa pandemi ini.

Dikutip dari BBC, Selasa (30/6/2020), negara-negara tersebut adalah Aljazair, Australia, Kanada, Georgia, Jepang, Montenegro, Maroko, Selandia Baru, Rwanda, Serbia, Korea Selatan, Thailand, Tunisia, dan Uruguay. Indonesia dan dua negara Asia Tenggara lainnya, Malaysia dan Singapura, belum termasuk. Namun daftar 14 negara ini masih mungkin berubah sesuai dengan kondisi.

Hal yang mengejutkan, China sebagai negara yang berhasil mengendalikan wabah, tak masuk dalam daftar.

Menurut para diplomat, UE akan memasukkan China jika pemerintahannya setuju dengan kesepakatan timbal balik terkait para pelancong.

Sebagian negara UE sudah membuka perbatasan bagi sesama warga negara anggota, bahkan terhadap penduduk Inggris meskipun negara itu sudah hengkang dari keanggotaan. Warga Inggris masih diperlakukan sama dengan penduduk negara Uni Eropa lainnya sampai akhir masa transisi Brexit pada 31 Desember 2020.

Namun belum semua negara UE siap menerima pengunjung asing, termasuk sesama anggota. UE menerapkan persyaratan ketat bagi sebuah negara yang dinilai aman atau tidak.

Mayoritas negara anggota UE, atau 55 persen, sudah memenuhi syarat untuk membuka perbatasan. Jumlah penduduk dari negara-negara itu mewakili 65 persen dari total populasi UE.

Salah satu negara UE yang masih menutup perbatasan adalah Spanyol. Negara itu sebenarnya ingin sektor pariwisata berangsur normal, namun lebih memilih bermain aman karena telah terpukul keras oleh wabah Covid-19. Sementara negara lain yang juga bergantung pada pariwisata, seperti Yunani dan Portugal, tidak terlalu khawatir dengan virus corona.

Laporan pada pekan lalu mengungkap, anggota UE punya dua kriteria dalam menentukan negara-negara yang memenuhi syarat.

Politico melaporkan, kelompok yang satu mengajukan syarat negara yang jumlah kasus Covid-19-nya di bawah 16 per 100.000 orang dan kelompok lain 20 kasus per 100.000 orang.

Daftar ini akan direvisi setiap 2 pekan, sehingga negara yang saat ini kondisinya parah sekalipun seperti Amerika Serikat dan Brasil bisa saja masuk dalam daftar.


Editor : Anton Suhartono