Update Virus Korona Indonesia

Vaksin Covid-19 Bill Gates Siap Diproduksi di Bio Farma pada Akhir 2021

Suparjo Ramalan ยท Minggu, 18 Oktober 2020 - 11:55 WIB
Vaksin Covid-19 Bill Gates Siap Diproduksi di Bio Farma pada Akhir 2021

PT Bio Farma (Persero) resmi menjadi produsen vaksin Covid-19 oleh Koalisi Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI). (Foto: ilustrasi/AFP)

JAKARTA, iNews.id - PT Bio Farma (Persero) resmi menjadi produsen vaksin Covid-19 oleh Koalisi Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI). Lembaga ini adalah koalisi pemerintah-swasta yang didukung oleh miliarder Bill Gates.

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir mengatakan, CEPI akan menggunakan fasilitas produksi perseroan pada akhir kuartal IV-2021 atau awal kuartal I-2022. Produksi vaksin ditargetkan mencapai 100 juta dosis per tahun.

“Tentu saja kami sudah memperhitungkan aktivitas produksi kami yang rutin, setelah dilakukan perhitungan, penggunaan kapasitas produksi untuk CEPI tidak akan mengganggu kegiatan produksi rutin di Bio Farma," katanya, Minggu (18/10/2020).

Honesti mengatakan, Bio Farma terpilih karena memiliki sistem produksi sesuai standar dan mutu yang dibutuhkan. Banyak pengembang vaksin yang tidak memiliki fasilitas produksi massal mandiri, sehingga Bio Farma menjadi salah satu mitra.

Honesti menilai kepercayaan yang diberikan CEPI tak lepas dari pengalaman yang panjang Bio Farma di dunia sejak 1997. Bio Farma tercatat sebagai salah satu dari 29 produsen vaksin di dunia yang telah mendapatkan prakualifikasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) karena memenuhi Good Manufacturing Practices (GMP), sehingga vaksin buatan Bio Farma sudah digunakan di 150 negara.


Editor : Rahmat Fiansyah