Update Virus Korona Indonesia

Vaksin Covid-19 Buatan China Siap Digunakan Publik pada November

Anton Suhartono ยท Selasa, 15 September 2020 - 14:11 WIB
Vaksin Covid-19 Buatan China Siap Digunakan Publik pada November

Vaksin Sinovac China ditunjukkan pertama kali dalam pameran industri di Beijing (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id - Vaksin virus corona buatan China kemungkinan siap digunakan untuk publik paling cepat pada November mendatang.

Kepala tim ahli biosafety Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) China Guizhen Wu, dalam wawancara dengan stasiun televisi pemerintah, mengatakan, uji klinis Fase 3 vaksin berjalan lancar dan siap digunakan publik pada November atau Desember.

China memiliki empat kandidat vaksin Covid-19 yang sedang menjalani uji klinis Fase 3 atau tahap akhir. Tiga di antaranya telah digunakan kepada warga berisiko tinggi di bawah program penggunaan darurat yang diluncurkan pada Juli. Mereka yang sudah menggunakan vaksin tersebut di antaranya tenaga medis serta anggota keluarga mereka.

Namun Wu tidak menjelaskan secara spesifik nama vaksin yang dimaksud. Dia mengaku sudah menggunakannya dan tidak mengalami gejala abnormal dalam beberapa bulan terakhir.

Beberapa perusahaan China mengembangkan vaksin Covid-19. Perusahaan raksasa farmasi milik pemerintah, National Pharmaceutical Group (Sinopharm) dan Sinovac Biotech, sedang mengembangkan tiga vaksin di bawah program penggunaan darurat.

Vaksin Covid-19 keempat dikembangkan oleh CanSino Biologics dan telah digunakan oleh militer China sejak Juni.

Sebelumnya Sinopharm menyatakan, vaksinnya siap digunakan publik pada akhir 2020 setelah menyelesaikan uji coba Fase 3.


Editor : Anton Suhartono