300.000 UMKM Manfaatkan Platform Digital sejak Mei

Aditya Pratama
Belanja online. (Foto: ilustrasi/AFP)

JAKARTA, iNews.id - Asosiasi E-Commerce Indonesia (iDEA) mencatat 300.000 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memanfaatkan platform digital. Peningkatan tersebut terjadi sejak program Bangga Bantuan Indonesia sejak 14 Mei 2020.

"Kita harapkan sampai akhir tahun pertumbuhan UMKM itu sebesar 2 juta UMKM baru yang on board dan bagian dari 62 juta UMKM yang belum join ke digital," ujar Wakil Ketua Umum iDEA, Bima Laga dalam acara Webinar IDX Channel, Kamis (16/7/2020).

Bima menambahkan, selama pandemi Covid-19 pelaku UMKM perlahan mulai masuk ke e-commerce. Pasalnya, penjualan mereka secara offline terganggu akibat adanya pembatasan.

Bahkan, kata dia, beberapa pelaku UMKM yang masuk dan memanfaatkan platform digital semakin besar jangkauan pasarnya daripada berjualan saat kondisi normal.

"Jadi, salah satu contoh ada toko tidak bisa jualan secara offline dan dia hanya mengandalkan pesanan yang diantar secara langsung tapi pesanan itu tokonya mampu menghidupi bahkan ada beberapa stok yang pesanannya bisa meningkat pada saat offline," ucap Bima.

Editor : Rahmat Fiansyah
Artikel Terkait
Bisnis
8 hari lalu

Satu Dekade Shopee, Ciptakan Dampak bagi Ekosistem lewat Inovasi dan Kolaborasi

Bisnis
25 hari lalu

Shopee Rayakan 10 Tahun Berdayakan UMKM, Penjualan Tembus 270 Miliar Dolar AS secara Global

Bisnis
30 hari lalu

Akademisi Ungkap UMKM Kian Kompetitif di Era Digital: Produsen Besar Hadapi Tantangan Baru

Bisnis
30 hari lalu

Dekan FEB Untar Sebut Transformasi Industri Ritel dari Warung ke E-commerce Ubah Perilaku Konsumen

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal