82 stasiun KRL di Jabodetabek jadi stasiun uang elektronik
Heri Purnomo

JAKARTA, iNews.id - VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, KAI Commuter telah memberlakukan seluruh stasiun KRL commuter line di Jabodetabek menjadi Stasiun Uang Elektronik sejak Sabtu (3/9/2022). Tercatat ada 82 stasiun commuter line di Jabodetabek telah menjadi Stasiun Uang Elektronik. 

"Sebanyak 82 stasiun commuter line di Jabodetabek telah menjadi Stasiun Uang Elektronik yang hanya akan melayani transaksi pembayaran tiket menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), Kartu Uang Elektronik Bank atau menggunakan pembayaran dengan QR Code," kata Anne dalam keterangannya, Senin (5/9/2022). 

Selain itu, KAI Commuter juga mencatat jumlah transaksi pengguna commuter line Jabodetabek yang menggunakan KMT sepanjang 2022 sebesar 62 persen  dari seluruh transaksi pembayaran tiket atau sebanyak 2,6 juta lebih transaksi menggunakan KMT. 

"Tercatat juga sepanjang tahun 2022 ini hingga 31 Agustus, penjualanan KMT sebanyak 3.060.734 kartu atau rata-rata penjualanan sebanyak 12.569 KMT per hari," ujarnya. 

Anne menuturkan, pengoperasian Stasiun Uang Elektronik ini merupakan kontribusi KAI Commuter dalam mendukung pemerintah mewujudkan program cashless society atau masyarakat yang bertransaksi menggunakan uang dalam bentuk nontunai.

Lebih lanjut dia mengatakan, budaya transaksi secara nontunai di sektor transportasi khususnya commuter line akan mendorong perubahan budaya masyarakat secara umum karena besarnya jumlah pengguna. Saat ini, KAI Commuter mengoperasikan 1.081 perjalanan commuter line tiap harinya mulai pukul 04.00–24.00 WIB dengan mengoperasikan sebanyak 95 rangkaian per harinya.

Persebaran pengguna commuter line pada hari kerja juga terfokus pada jam-jam sibuk pagi, yaitu pukul 05.30–07.30 WIB, dan sore mulai pukul 16.00–18.00 WIB. 


Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT