Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor mengatakan, Arab Saudi membuka kesempatan kerja bagi 200.000 pekerja di berbagai sektor. Foto: Kemenaker
Iqbal Dwi Purnama

JAKARTA, iNews.id - Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor mengatakan, Arab Saudi membuka kesempatan kerja bagi 200.000 pekerja di berbagai sektor industri, dengan beragam jenis jabatan.

"Ini sebuah harapan baru bagi masyarakat Indonesia untuk membuktikan bahwa masyarakat Indonesia tidak hanya sebagai pekerja nonformal, tapi mampu menjadi pekerja formal di segala bidang," kata  Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor saat menyaksikan penandatangan nota kesepahaman (MoU) ARCO Human Resources Company dengan 50 Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) pada Sabtu (1/10/2022).

Dia menjelaskan, Arab Saudi saat ini fokus menyongsong visi 2030, di mana akan banyak pengembangan dan proyek di sejumlah sektor yang membutuhkan banyak pekerja dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dia berharap perusahaan Indonesia yang melakukan kerja sama untuk dapat memberikan jaminan kualitas dan tenaga kerja yang kompeten di masing-masing bidang.

"Kita harus pastikan pekerja migran Indonesia yang akan dilibatkan itu memiliki kompetensi," ujarnya. 

Afriansyah pun menuturkan, Kementerian Ketenagakerjaan mendukung kerja sama antara ARCO Human Resources Company dan puluhan P3MI. Karena itu, skema kerja sama yang dilaksanakan tersebut diharapkan bisa membuka lapangan kerja untuk masyarakat, khususnya masyarakat lokal di sekitar pembangunan.



Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT