JAKARTA, iNews.id - Tokopedia mencatat jumlah pedagang (seller) di platform e-commerce mereka mencapai 9,9 juta akun sepanjang tahun lalu. Angka itu naik 2,5 juta akun dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 7,2 juta.
"Per Desember 2020, 9,9 juta penjual yang hampir seluruhnya UMKM telah terdaftar di Tokopedia," kata External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, Kamis (14/1/2021).
Tak hanya penjual, kata Ekhel, jumlah pembeli (buyer) di Tokopedia juga naik hingga 10 juta. Pada 2019, jumlahnya mencapai 90 juta sementara kini 100 juta akun.
Di tengah pandemi, Tokopedia mendorong masyarakat untuk berbelanja online, terutama produk-produk hasil buatan UMKM. Berbagai kampanye, kata Ekhel, telah dibuat untuk mendukung inisiatif tersebut.
Ekhel mengatakan, berbagai sektor usaha yang didorong terutama produk makanan dan minuman, fesyen, dan kategori kesehatan serta kecantikan. Kerja sama dengan pemerintah daerah juga dijalin untuk mendukung UMKM lokal.
"Melalui kolaborasi bersama pemerintah daerah sepanjang kuartal 4-2020, Tokopedia telah mengakuisisi lebih dari 2.000 penjual baru, baik individu maupun pasar tradisional di berbagai kota, seperti Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang dan Makassar," katanya.