Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo, saat memberi sambutan di Acara Bazaar UMKM yang diselenggarakan Yayasan Del, Kamis (7/4/2022). (Foto: MPI/Azhfar Muhammad)
azhfar muhammad

JAKARTA, iNews.id - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo, mengatakan pemerintah akan terus mendorong UMKM untuk naik kelas melalui berbagai kegiatan pameran dan bazzar di Bulan Ramadan. 

Terkait dengan itu, Angela Tanoesoedibjo mengapresiasi sejumlah inovasi yang digagas Yayasan Del, milik Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko marves), Luhut Binsar Pandjaitan, bekerja sama Kaya.id dalam mengadakan bazzar passar bagi  UMKM setiap tahunnya. 

“Pariwisata dan Ekonomi kreatif tentunya sangat mengapresiasi kreasi dari Yayasan Del  Pak Luhut dan Kaya.id di mana ini bisa mendorong UMKM naik kelas karena  difasilitasi di tempat Seperti ini,” kata Wamenparekraf, Angela Tanoesoedibjo, di Acara Bazzar UMKM, Jakarta, Kamis (7/4/2022). 

Menurut dia, pemerintah untuk terus meningkatkan konsumsi dari produk buatan Indonesia kita sudah menggabungkan gerakan nasional bangga buatan Indonesia dengan mendorong semua kementerian dan instansi lembaga pemerintah daerah kolaborasi dengan swasta juga kami bekerja sama berkolaborasi untuk mendorong peningkatan UMKM. 

“Tadi saya keliling dan melihat UMKM ada teman-teman yang menggandeng teman-teman disabilitas mereka membuat kue-kue itu sangat  luar biasa sekali akhirnya dibuat brand tersendiri dan bisa dibantu akses pasarnya. Ini dapat membuat UMKM Kita bisa lebih baik lagi,” ungkap Angela. 

Dia mengungkapkan, Kemenparekraf akan mendukung dan mendorong UMKM untuk pengembangan ekspor hingga perluasan pasar dengan memanfaatkan digitalisasi juga kerja sama dengan pihak terkait.

“Bagaimana supaya UMKM bisa masuk pasar internasional. Luar biasa tadi  juga tadi ada produk produk UMKM yang dari kayu kayu ya kerajinan tangan juga sangat halus banget tadi saya lihat ini membuktikan bahwa kita itu berkualitas,” tutur Angela.



Editor : Jeanny Aipassa

BERITA TERKAIT