Menteri BUMN Erick Thohir bertemu Bos Dubai Ports World bahas kerja sama dengan Pelindo. Foto: IG Erick Thohir
Suparjo Ramalan

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan pertemuan khusus dengan CEO Dubai Ports World H.E Sultan Ahmed bin Sulayem di Dubai, Uni Emirat Arab. Pertemuan tersebut juga dihadiri manajemen Pelindo dan Indonesia Investment Authority (INA). 

Keduanya membahas kerja sama strategis antara PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo dengan Dubai Ports World. 

"Saya bersama INA dan @pelindo berdiskusi dengan H.E Sultan Ahmed bin Sulayem, Chairman dan CEO @dpworld, salah satu perusahaan pengelola pelabuhan terbesar di dunia," tulis Erick dalam akunnya di  Instagram, dikutip Kamis (30/6/2022). 

Kerja sama Pelindo dan Dubai Ports World, menurut Erick, perlu dilakukan untuk memperkuat ekosistem logistis di Tanah Air agar lebih efisien dan profesional. Dia ingin industri pelabuhan Indonesia bisa bersaing dengan beberapa negara di ASEAN, seperti Singapura, Thailand, Filipina, dan lainnya. 

Sementara pascamerger, Pelindo I-IV di bawah payung Holding BUMN Pelabuhan mencatatkan posisi perseroan menjadi operator terminal peti kemas terbesar ke-8 di dunia dengan total arus peti kemas atau throughput mencapai 16,7 juta TEUs.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya meminta agar Kementerian BUMN segera mencarikan mitra yang memiliki jaringan luas untuk diajak kerja sama dengan Holding BUMN Pelabuhan tersebut. 

Menurut Jokowi, saat ini biaya logistik di Indonesia masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga. Biaya logistik di Indonesia masih sekitar 23 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB), sedangkan negara-negara tetangga hanya lebih kurang 12 persen.


Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT