Menteri BUMN, Erick Thohir sebut 2 juta orang Indonesia berobat ke luar negeri, pemborosan Rp99 triliun. (Foto: Istimewa)
Suparjo Ramalan

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, sekitar 2 juta orang Indonesia ke luar negeri untuk berobat setiap tahunnya, sehingga Indonesia kehilangan devisa sebesar Rp99 triliun. Karena itu, menurutnya, perlu dilakukan intervensi melalui pembangunan rumah sakit (RS) skala internasional di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan.  

Pemerintah berenvana membangun sebanyak tujuh RS akan di KEK Kesehatan di Sanur, Bali. Erick pun memastikan fasilitas tersebut mampu memenuhi kebutuhan kesehatan secara nasional. 

"Ada 2 juta masyarakat Indonesia pergi ke luar negeri, pemborosan Rp99 triliun. Kita harus intervensi yang namanya ekonomi khusus kesehatan itu yang di Bali," kata Erick, Kamis (4/8/202.

Dia menuturkan, Indonesia harus meningkatkan pelayanan kesehatan agar setara dengan internasional, terutama mendukung investasi dan pariwisata di Bali. Erick juga memastikan keberadaan tujuh RS di KEK Kesehatan Sanur, Bali mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak. 

"Dengan kawasan ekonomi khusus dibangun, saya yakin pembukaan lapangan kerja lebih banyak lagi karena ada tujuh rumah sakit yang akan merekrut pegawai baru yang dulunya itu kawasan terbuka umum. Mohon maaf bukan saya enggak suka lapangan golf yang elitis, sekarang menjadi rumah sakit internasional yang berjumlah 7," tuturnya. 


Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT