Menkeu AS Janet Yellen peringatkan perang Rusia-Ukraina bisa berdampak besar pada ekonomi global.
Suparjo Ramalan

WASHINGTON, iNews.id - Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen memperingatkan serangan Rusia terhadap Ukraina dapat menyebabkan pukulan besar terhadap ekonomi global.

"Tindakan Rusia merupakan penghinaan yang tidak dapat diterima terhadap tatanan global berbasis aturan, dan akan memiliki dampak ekonomi yang sangat besar bagi dunia," kata Yellen, dikutip dari CNBC International, Kamis (7/4/2022). 

Dia menambahkan, organisasi global seperti Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia bekerja sama untuk memberikan bantuan ke Ukraina serta memberi sanksi kepada Rusia. Menurutnya, Gedung Putih percaya Rusia harus terputus dari sistem keuangan global sebagai pembalasan atas invasi ke Ukraina.

"Ini tidak bisa menjadi masalah biasa bagi Rusia di lembaga keuangan mana pun," ujar Yellen.

Namun, dia mencatat negara-negara Eropa masih bergantung pada gas alam dari Rusia, sehingga memerlukan lisensi perusahaan yang berbasis di Rusia.

Sebelumnya, pemerintah AS memaparkan babak baru sanksi terhadap Rusia, termasuk hukuman terhadap anak-anak Presiden Vladimir Putin dan larangan investasi baru ke negara tersebut. 



Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT