Jokowi kaget lihat Terminal Kijing jadi pelabuhan terbesar di Kalimantan.
Suparjo Ramalan

MEMPAWAH, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku kaget melihat hasil pembangunan Terminal Kijing, Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar). Pasalnya, Kepala Negara tidak terpikirkan sebelumnya terminal tersebut bakal menjadi pelabuhan terbesar di Kalimantan. 

Terminal Kijing sudah dibangun sejak 2016 lalu. Proyek strategis nasional ini menelan investasi mencapai Rp2,9 triliun.

"Saya kaget karena dulu saat groundbreaking pikiran saya tidak segede ini, tapi kan sangat bagus bahwa terminal pelabuhan yang dibangun ini memang betul-betul sudah dicek feasibility study-nya dan kebutuhan baik untuk yang kontainer maupun nonpetikemas, yang curah, curah cair," kata Jokowi di kawasan Terminal Kijing, Selasa (9/8/2022). 

Dia mengatakan, Terminal Kijing dapat meningkatkan daya saing produk unggulan yang dihasilkan di Kalimantan Barat seperti Crude Palm Oil (CPO), alumina, bauksit, dan komoditas lainnya. Kehadiran pelabuhan ini juga diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antarpulau di Indonesia dan juga antarnegara.

"Saya kira semuanya memiliki potensi yang besar di provinsi Kalimantan Barat, baik yang berkaitan dengan crude oil, alumina, bauksit. Pelabuhan tersebut memiliki kapasitas 500.000 Teus dan 8 juta nonpetikemas. Ini sangat besar sekali dan merupakan pelabuhan terbesar yang ada di Kalimantan," tuturnya.

Jokowi pun meminta Kementerian PUPR untuk melakukan pelebaran akses jalan. Itu guna memperlancar pergerakan kendaraan kontainer dari dan menuju ke Terminal Kijing.


Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT