Mantap! Kereta Cepat Jakarta-Bandung terintegrasi LRT Jabodebek dan TransJakarta. (Foto: Istimewa)
azhfar muhammad

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah telah melakukan sejumlah upaya melakukan konektivitas Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dengan sejumlah moda transportasi lain. Proyek KCJB ditargetkan dapat diintegrasikan dengan Stasiun Halim, dengan angkutan seperti LRT Jabodebek dan TransJakarta.

“Kemenhub terus mendorong dukungan integrasi Stasiun Halim dengan angkutan massal di Jabodebek (LRT Jabodebek dan TransJakarta), di mana fasilitas integrasi KCJB ini akan menghubungkan dengan sky bridge,” kata Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri dalam rapat bersama Komisi V DPR RI secara virtual, Senin (7/2/2022). 

Dia menuturkan, terwujudnya integrasi moda di Stasiun Halim merupakan hasil kerja nyata dari semua pihak atas koordinasi dan sinergi yang berkelanjutan.

“Tentunya itu tak terlepas di antara pihak-pihak terkait, PT KCIC, BPTJ, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan lainnya," ujar dia. 

Sementara itu, untuk progress fisik Kereta Cepat Jakarta- Bandung telah mencapai 79,9 Persen. 

“Jadwal integrasi sarana prasana ini akan dilakukan tahap awal Agustus-April 2023 dan terus dilakukan uji coba layak dan trial serta rencana operasi ini akan bisa dilakukan di tahun depan,” tutur Zulfikri.


Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT