Menteri ESDM bilang begini soal wacana penghapusan premium . (Foto: Ilustrasi/Ist)
Athika Rahma

JAKARTA, iNews.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif berbicara soal wacana penghapusan bahan bakar minyak (BBM) RON88 alias Premium. Bahan bakar tersebut kabarnya akan dihapus tahun ini.

Arifin mengatakan, saat ini masyarakat Indonesia sudah mulai menggunakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan. Hal itu, kata dia, terjadi secara alamiah.

"Premium itu kalau di Jawa hanya 0,3 persen. Saya rasa ini alami dan akan terganti oleh Pertalite. Masyarakat sendiri yang memutuskan," kata dia dalam konferensi pers, Rabu (12/1/2022).

Sementara itu, pemerintah sedangkan merumuskan formula kompensasi terhadap Premium untuk campuran Pertalite. Pertalite dibuat dari campuran Premium dan Pertamax.

"Nah, kalau yang Pertamax itu harga saat ini tidak subsidi. Tapi dengan harga minyak yang tinggi, ongkos produksinya tidak cukup. Ini sedang dirumuskan," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Pertamina saat ini juga sedang gencar melakukan sosialisasi penggunaan BBM yang ramah lingkungan. Selain itu, kilang-kilang minyak miliknya juga dimodernisasi sesuai dengan standar EURO 4.

"Kalau negara lain sekarang sudah masuk EURO 5," ucap Arifin.


Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT