Pedagang pasar beberkan soal harga barang pokok sejak BBM naik. (Foto: Ilustrasi/Ist)
Advenia Elisabeth

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Sudaryono mengungkapkan, pergerakan harga barang pokok (bapok) sejak harga bahan bakar minyak (BBM) naik. Harga BBM naik pada Sabtu (3/9/2022).

Berdasarkan pantauan APPSI, harga barang pokok di pasar belum melonjak drastis sejak harga BBM naik. APPSI memantau barang pokok setiap hari mulai dari cabai, telur, dan lainnya.

"Kita sedang pantau. Tentu yang kita pantau adalah 11 atau 12 bahan pokok penting. Sampai hari kedua setelah BBM dinaikkan pantauan kita belum ada lonjakan drastis," kata Sudaryono saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (5/9/2022).

Dia menuturkan, beberapa barang pokok terpantau naik tapi tidak signifikan. Contohnya beras, yang harganya melonjak sedikit karena biaya logistik yang naik imbas perubahan harga BBM. 

"Kalaupun ada kenaikan, tentu proporsional. Kalau kita dapat sedikit lebih mahal, ya kita jualnya juga sedikit lebih mahal jadi proporsional saja. Kita tidak ingin jadi bagian yang ingin memperkeruh suasana di tengah kesulitan rakyat," tuturnya. 


Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT