PT Pegadaian akan menyalurkan KUR Super Mikro dalam 1-2 pekan ke depan. (Foto: Ist)
Suparjo Ramalan

JAKARTA, iNews.id - PT Pengadaian (Persero) memperoleh kepercayaan pemerintah untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat Super Mikro (KUR Sumi) senilai Rp 5,9 triliun. 

Direktur Utama Pegadaian, Damar Latri Setiawan, mengatakan penyaluran KUR Super Mikro akan dilakukan dalam waktu 1-2 minggu ke depan, dengan target utama pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)

Menurut dia, kepercayaan pemerintah terhadap Pegadaian karena dinilai mampu menyalurkan KUR bagi pelaku UMKM. Adapun batas kredit KUR Sumi di bawah Rp10 juta.

"Tahun ini Pegadaian dapat jatah Rp5,9 triliun untuk penyaluran KUR Sumi dengan plafon di bawah Rp10 juta. Harapan kami, melalui penyaluran KUR ini, Pegadaian bisa lebih berperan dalam pembangunan ekonomi nasional saat ini," ungkap Damar saat ditemui wartawan di Kantornya, Jakarta, Selasa (31/5/2022). 

Adapun bunga KUR Sumi ditetapkan sebesar 6 persen per tahun. Jumlah ini akan dibayarkan pelaku usaha mikro yang dinyatakan telah memenuhi syarat dan telah menjadi peserta KUR Sumi. 

Damar juga berharap program ini menjadi komitmen dan peran Pegadaian dalam mendorong pertumbuhan makro ekonomi nasional melalui sektor UMKM. 


Editor : Jeanny Aipassa

BERITA TERKAIT