Konferensi Pers Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2021, di Surabaya, Selasa (7/12/2021). (Foto: Istimewa)
Iqbal Dwi Purnama

SURABAYA, iNews.id - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyatakan penjualan mobil tercatat mencapai 87.000 unit pada November 2021. Jumlah tersebut, hampir sama dengan kondisi sebelum pandemi Covid-19.

Menurut Ketua Gaikindo, Yohannes Nangoi, penjualan industri otomotif terus menunjukkan peningkatan. Selama Januari-November 2021, penjualan otomotif tumbuh sebesar 66 persen dibandingkan periode yang sama Tahun 2020. 

"Penjualan otomotif sejak Januari-November 2021 Bertumbuh 66 persen jika dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama," ujar Yohannes dalam konferensi pers GIIAS 2021 Surabaya, Selasa (7/12/2021).

Dia menjelaskan, kenaikan tersebut oleh 2 hal, pertama mulai landainya kasus covid 19 serta pemberian insentif pemerintah pada diskon PPNBM DTP (Ditanggung Pemerintah) untuk setiap pembelian beberapa kendaraan.

"Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah atas PPnBM DTP, dan kami memiliki tanggung jawab untuk membawa gerbong industri lainnya untuk membawa pemulihan ekonomi Indonesia," kata Yohannes.

Dia mengungkapkan, rangkaian acara pameran otomotif Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2021 yang saat ini berada di Surabaya bukan hanya sekedar mengejar target penjualan, namun juga menjadi motor penggerak masa depan industri otomotif kedepannya.

"Kita akan memfokuskan kendaraan yang lebih bersih, atau green atau kendaraan yang memiliki gas buang yang lebih rendah misal, hybrid, mobil listrik dan lain sebagainya. Pameran ini sudah memberikan indikasi terkait kemajuan industri otomotif Indonesia mau kemana kedepannya," tutur Yohannes.


Editor : Jeanny Aipassa

BERITA TERKAIT