Presiden Jokowi resmi menyerahkan Presidensi G20 ke India. Jokowi menitipkan sejumlah amanah kepada PM Narendra Modi sebagai Presidensi G20 selanjutnya. (Foto: Media Center G20)
Yulistyo Pratomo

BADUNG, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menyerahkan Presidensi G20 ke India ditandai dengan pemberian palu kepemimpinan kepada Perdana Menteri (PM) Narendra Damodardas Modi. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menitipkan sejumlah amanah kepada Modi sebagai Presidensi G20 selanjutnya pada 2023 mendatang. 

Salah satu yang disampaikan Jokowi ke PM India Narendra Modi adalah menjaga dan mewujudkan pemulihan global pascapandemi.

"Yang Mulia, saya juga ingin sampaikan selamat kepada India yang akan melanjutkan kepemimpinan presidensi G20 berikutnya agar amanah untuk menjaga dan mewujudkan pemulihan global serta pertumbuhan yang kuat dan inklusif selanjutnya berada di tangan Yang Mulia PM Nardendra Modi," ujar Jokowi jelang penutupan G20 di The Apurva Kempinski, Badung, Bali, Rabu (16/11/2022).

Jokowi yakin di bawah kepemimpinan Modi, G20 akan menjalankan amanat yang telah ditetapkan di Indonesia. Dia menyampaikan, RI akan memberikan dukungan penuh kepada India sebagai pemimpin pertemuan di 2023.

"Saya juga meminta kepada semua pemimpin G20 yang hadir untuk mendukung India tahun depan menandai berakhirnya Presidensi Indonesia di G20, secara resmi saya menyerahterimakan tampuk kepemimpinan pada India selaku presidensi G20 berikutnya," ucap Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan KTT G20 berakhir. Tak hanya itu, dia juga menyerahkan presidensi G20 kepada India untuk memimpin negara-negara anggota pada tahun berikutnya.

"Saya secara resmi menyerahkan presidensi G20 kepada India untuk memimpin G20 selanjutnya," ucap Jokowi saat menutup Working Session III di The Apurva Kempinski, Badung, Bali, Rabu (16/11/2022).



Editor : Aditya Pratama

BERITA TERKAIT