Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyebut harga BBM subsidi Pertalite, Premium, hingga LPG 3 kg bakal mengalami kenaikan. (Foto: Dok. MPI)
azhfar muhammad

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi seperti Pertalite dan Premium akan naik. Selain itu, harga LPG 3 kilogram (kg) disebut juga bakal ikut naik.

"Overall (secara keseluruhan) yang akan terjadi nanti, Pertamax, Pertalite (naik). Premium belum. Ya, semua akan naik. Engak akan enggak ada yang naik itu,” ujar Luhut kepada wartawan setelah meninjau Depo LRT Jabodebek di Jatimulya, Bekasi Timur, Jumat (1/4/2022).

Luhut menambahkan, sejumlah kenaikan harga-harga BBM subsidi itu akan dilakukan secara bertahap.

"Ada yang disubsidi, masih tetap yang untuk rakyat kecil masih tetap disubsidi," kata dia.

Tak hanya itu, Luhut menyebut, ke depan harga gas LPG 3 kg pun akan naik, mengingat harga tidak pernah naik sejak 2007 silam.

Menurut Luhut, kenaikan harga-harga tersebut tidak terhindarkan, mengingat kondisi ekonomi global saat ini, termasuk geopolitik yang memanas antara Rusia dan Ukraina.

"Kan enggak fair (adil) juga, Mengenai gas 3 kg itu kita bertahap. Jadi 1 April, nanti Juli, nanti September. Itu semua bertahap dilakukan oleh pemerintah," ucap Luhut.


Editor : Aditya Pratama

BERITA TERKAIT