Wall Street dibuka menguat seiring respon positif pelaku pasar atas penurunan inflasi AS. Foto: Reuters
Dinar Fitra Maghiszha

JAKARTA, iNews.id - Tiga indeks acuan Wall Street dibuka menguat pada perdagangan Kamis (11/8/2022) waktu setempat, yang sekaligus memperpanjang reli dari sesi sebelumnya. Penguatan Wall Street disebabkan pelaku pasar merespon positif penurunan inflasi Amerika Serikat (AS).

Data perdagangan menunjukkan, Dow Jones Industrial Average (DJI) naik 0,43 persen di 33.451,51, S&P 500 (SPX) dibuka menguat 17,16 poin, atau 0,41persen, di 4.227,40, sedangkan Nasdaq Composite (IXIC) tumbuh 0,70 persen di 12.944,82.

Pelaku pasar gembira menanggapi kabar penurunan inflasi AS yang mencapai 8,5 persen pada periode Juli 2022. Ini meredam spekulasi kenaikan suku bunga The Federal Reserve (The Fed) sebesar 75 basis poin pada pertemuan bulan September mendatang.

Analis memperkirakan ekspektasi suku bunga saat ini ada di kisaran 50 basis poin. The Fed dinilai masih tak ragu untuk memperketat kebijakan moneter sampai tekanan terhadap harga benar-benar berhenti.

"Suku bunga masih akan bergerak lebih tinggi meskipun dalam jangka pendek pasar bereaksi positif. Meski inflasi sedikit lebih moderat, tetapi ini belum hilang sebagai masalah," kata Chuck Lieberman, kepala investasi di Advisors Manajemen Modal, dilansir Reuters, Kamis (11/8/2022).

Secara fundamental, kondisi makro AS masih belum sepenuhnya stabil. Baru-baru ini, jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim tunjangan pengangguran mengalami kenaikan. Hal ini menunjukkan masih ada pelemahan lebih lanjut di sektor pasar tenaga kerja.


Editor : Jeanny Aipassa

BERITA TERKAIT