Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah (kiri), berkunjung ke Baubau, Sulawesi Tenggara, Selasa (27/9/2022). (Foto: dok iNews)
Raka Dwi Novianto

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai kompensasi kenaikan Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) hampir mencapai 100 persen. 

Pernyataan itu, disampaikan Presiden Jokowi saat berkunjung ke Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (sulteng) pada hari ini, Selasa (27/9/2022). Dalam kunjungan tersebut, Jokowi membagikan Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada para pekerja sebagai kompensasi kenaikan BBM. 

Jokowi menyebut sampai saat ini BSU sudah tersalurkan hampir 48,3 persen. Sedangkan penyaluran BLT BBM sudah terealisasi 95,9 persen.

"Jadi sampai saat ini untuk bantuan subsidi upah yang sudah tersalur adalah 7 juta 77 ribu. Artinya sudah 48,3 persen yang sudah tersalur dan ini terus berjalan dengan kecepatan yang saya lihat sangat baik. Dan yang berkaitan dengan BLT BBM realisasi sampai hari ini 19,7 juta penerima manfaat artinya 95,9 persen, sudah hampir selesai," kata Jokowi, dalam video di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (27/9/2022).

Jokowi meyakini bahwa pemberian bantuan yang merupakan pengalihan dari subsidi BBM tersebut akan terus dilakukan sampai selesai di akhir 2022. "Sampai selesai, selesai pasti, akhir tahun pasti selesai, insyaallah," ungkap Jokowi.

Sementara Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, yang mendampingi Presiden Jokowi, mengungkapkan untuk penerimaan di Sulawesi Tenggara sendiri calon penerimanya sebanyak 79.675 orang. Dan baru terealisasikan 19.286 orang atau hampir 24,21 persen. 

"Setiap minggu kami akan bertahap, dan ini setiap minggu 1 juta, 2 juta. Insyallah dalam satu bulan mungkin, bapak presiden, ini bisa terselesaikan," kata Ida.



Editor : Jeanny Aipassa

BERITA TERKAIT