Jokowi target pertumbuhan ekonomi 5-5,5 persen di 2022  (YouTube/Sekretariat Kabinet)
Suparjo Ramalan

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memasang target pertumbuhan ekonomi dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2022 mendatang pada kisaran 5-5,5 persen.

"Pertumbuhan ekonomi 2022 diperkirakan pada kisaran 5,0-5,5 persen. Kita berusaha maksimal di batas atas, yaitu 5,5 persen," kata dia dalam pidato Nota Keuangan di Kompleks Parlemen, Senin (16/8/2021). 

Kendati demikian, Jokowi menuturkan, pemerintah masih akan tetap mewaspadai perkembangan Covid yang masih dinamis. Untuk itu, pemerintah akan menggunakan sumber daya, analisis ilmiah untuk mengendalikan pandemi Covid-19, sehingga pemulihan ekonomi dan kesejahteraan sosial dapat dijaga serta terus dipercepat dan diperkuat.

Menurutnya, target pertumbuhan ekonomi tahun depan tidak terlepas dari kinerja pertumbuhan investasi dan ekspor di tahun ini. 

"Tingkat pertumbuhan ekonomi ini menggambarkan proyeksi pemulihan ekonomi yang cukup kuat, didukung pertumbuhan investasi dan ekspor sebagai dampak pelaksanaan reformasi struktural. Kewaspadaan tetap diperlukan mengingat ketidakpastian global dan domestik dapat menyumbang risiko pertumbuhan ekonomi ke depan," tuturnya.



Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT