Gempa bermagnitudo 5,9 mengguncang Turki Rabu (23/11) pagi (USGS)
Anton Suhartono

ISTANBUL, iNews.id - Gempa bumi bermagnitudo 5,9 mengguncang Turki, Rabu (23/11/2022), pukul 04.08 waktu setempat. Guncangan gempa dirasakan warga di Istanbul memicu kepanikan.

Otoritas Manajemen Bencana dan Kedaruratan Turki Turki (AFAD) menyebut beberapa bangunan di Provinsi Duzce, wilayah paling terdampak, rusak. Dari total 50 korban luka, 37 di antaranya berada di wilayah itu. Sisanya tersebar di Zonguldak, Bursa, dan Istanbul.

Pusat gempa diketahui berada di darat yakni di Golyaka, distrik di Duzce sekitar 200 km sebelah timur Istanbul.

"Kami hampir menyelesaikan pengecekan di beberapa desa sekitar Golyaka. Tidak ada laporan kerusakan parah, hanya beberapa lumbung rusak di wilayah tersebut," kata Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu, kepada stasiun televisi TRT Haber.

Sementara itu kantor berita Anadolu melaporkan, gedung pengadilan Duzce termasuk dari delapan bangunan yang rusak.

Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) mengungkap gempa tersebut bermagnitudo 6 namun dimutakhirkan menjadi 5,9 dengan kedalaman 2 km. Sementara itu Badan Survei Geologi AS (USGS) menyebut gempa bermagnitudo 6,1 dengan kedalaman 10 km.

Turki dilintasi garis patahan yang rawan gempa bumi. Dua gempa paling mematikan terjadi pada 1999, menewaskan sekitar 18.000 orang. Kemudian pada 2020, lebih dari 100 orang tewas dalam gempa di Izmir.



Editor : Anton Suhartono

BERITA TERKAIT