Ilustrasi ledakan di fasilitas militer. (Foto: Ist.)
Ahmad Islamy Jamil

MOSKOW, iNews.id –  Sebuah gudang amunisi milik Rusia yang berada di Krimea bagian utara, meledak pada Selasa (16/8/2022). Kantor berita TASS melaporkan kejadian itu dengan mengutip pemerintah setempat.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, tidak ada korban yang menderita luka serius akibat ledakan yang menghantam gudang amunisi di Desa Mayskoye, Distrik Dzhankoi itu. Sebelumnya, kantor berita RIA juga melaporkan adanya kebakaran di gardu trafo dekat Kota Dzhankoi, yang berjarak 20 km dari gudang tersebut.
 
Krimea berada di bawah kendali Rusia sejak 2014. Wilayah itu kini menjadi pos utama bagi tentara Rusia dalam melancarkan agresi militer Moskow ke Ukraina yang dimulai sejak 24 Februari.

Pekan lalu, ledakan juga menghantam pangkalan udara Rusia di pantai barat Krimea, tepatnya di Kota Novofedorivka. Beradasarkan foto satelit yang diambil terhadap kawasan tersebut, ledakan kala itu diduga menyebabkan kerusakan parah dan menghancurkan beberapa pesawat militer Rusia. 

Rusia menyebut insiden di Novofedorivka itu sebagai kecelakaan.

Ukraina belum secara resmi mengakui ataupun menampik sebagai pihak yang bertanggung jawab di balik sejumlah ledakan yang terjadi di wilayah tersebut dalam beberap hari terakhir. Sementara itu, laporan dari pihak Rusia tidak menyebutkan secara persis berapa banyak total ledakan yang terjadi di Krimea sampai sejauh ini.



Editor : Ahmad Islamy Jamil

BERITA TERKAIT