Kepala Departemen Hubungan Eksternal Gereja Patriarkat Moskow, Metropolitan Hilarion. (Foto: Retuers)
Ahmad Islamy Jamil

MOSKOW, iNews.idGereja Ortodoks Rusia menyampaikan peringatan keras kepada masyarakat yang menolak untuk divaksinasi Covid. Lembaga keagamaan itu menyebut orang-orang yang tidak mau menerima vaksin corona  sebagai “pendosa”.

Gereja terkuat Rusia itu mendesak semua pengikutnya untuk disuntik demi menekan wabah Covid-19. Pesan itu disampaikan ketika lonjakan infeksi virus corona di negeri beruang merah mencapai 24.353 kasus pada Senin (5/7/2021) ini, termasuk 6.557 kasus di Moskow. 

Kepala Departemen Hubungan Eksternal Gereja Patriarkat Moskow, Metropolitan Hilarion mengatakan, orang-orang yang menolak vaksinasi telah melakukan dosa yang harus mereka tebus sepanjang hidup mereka.

“Dosanya adalah hanya memikirkan diri sendiri, namun tidak memikirkan orang lain,” ungkapnya saat berbicara di televisi pemerintah, dikutip kembali Reuters, hari ini.

“Setiap hari, saya melihat orang-orang mengunjungi seorang pendeta untuk mengakui bahwa mereka menolak vaksinasi untuk diri mereka sendiri ataupun orang-orang terdekat mereka, dan tanpa sengaja menyebabkan kematian seseorang,” ucap Hilarion lagi.

Sejak pandemi dimulai Maret tahun lalu, Rusia secara total telah mencatatkan 5.635.294 kasus Covid sampai hari ini. Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Rusia mengungkapkan, ada 654 orang meninggal dunia karena virus corona di negara itu dalam 24 jam terakhir. Dengan begitu, total kematian pasien Covid secara nasional di Rusia kini menjadi 138.579 jiwa.

Sementara, Badan Statistik Federal Rusia juga membuat penghitungan secara terpisah. Menurut badan itu, Rusia telah mencatatkan sekitar 270.000 kematian terkait Covid-19 dari April 2020 hingga April 2021.


Editor : Ahmad Islamy Jamil

BERITA TERKAIT