Kereta berkecepatan tinggi tergelincir di China. (Foto: CCTV)
Umaya Khusniah

SHANGHAI, iNews.id - Kereta berkecepatan tinggi tergelincir di China. Masinis tewas dan delapan orang lainnya luka.

Dilansir dari CCTV, kecelakaan kereta penumpang itu terjadi di barat daya China, Sabtu (4/6/2022) pukul 10.30 waktu setempat. Pengemudi kereta tewas di tempat dalam insiden ini. 

Kecelakaan bermula saat kereta yang menuju Guangzhou itu hendak memasuki terowongan di Rongjiang, Provinsi Guizhou. Kereta itu menabrak puing-puing yang diakibatkan tanah longsor. 

Dua dua gerbong kereta tergelincir dan masinis tewas. Dari delapan orang yang terluka, tujuh di antaranya penumpang dan satu orang awak kereta. Sementara 136 penumpang lainnya selamat.

Kereta yang tergelincir adalah layanan kereta kelas D yang bergerak dengan kecepatan lebih lambat daripada kereta berkecepatan tinggi kelas G tercepat di negara itu.

Jaringan kereta api berkecepatan tinggi China mencakup 37.900 kilometer di negara tersebut. Jalur kerteta api melintasi negara dan menghubungkan semua kota besar utama. Semua sudah beroperasi sejak 2008.

Tidak ada insiden besar yang dilaporkan di jaringan tersebut sejak 2011. Saat itu, 40 orang tewas dan hampir 200 lainnya terluka setelah sebuah kereta berkecepatan tinggi ditabrak dari belakang oleh kereta lain di dekat Wenzhou, provinsi Zhejiang.


Editor : Umaya Khusniah

BERITA TERKAIT